Politik

Anggota DPRD Bondowoso Fraksi PKS di PAW, Ternyata Ini Penyebabnya

×

Anggota DPRD Bondowoso Fraksi PKS di PAW, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, BULETIN.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso mengirimkan nama Ahyar Rosyid, sebagai pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD dari Fraksi PKS.

Ahyar Rasyid menggantikan Fathorasi yang mengundurkan diri sebagai anggota legislatif lantaran maju sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) dari partai yang berbeda.

Fathorasi sebelumnya merupakan anggota DPRD F-PKS, kini disebut nyaleg melalui Partai Gelora.

Komisioner Divisi Tekhnis, dan Pemilihan, Heniwati, dikonfirmasi Jum’at (25/8/2023), menjelaskan, munculnya nama Ahyar Rasyid karena berdasarkan aturan penggantinya yakni caleg yang memperoleh suara terbanyak berikutnya.

“Setelah kita lihat perolehan suara terbanyak berikutnya itu Pak Ahyar,” jelasnya.

Ia menerangkan, setelah itu KPU melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan (Ahyar Rasyid, red) apakah bersedia menjadi anggota DPRD.

“Itu dibuktikan dengan surat pernyataan,” ujarnya.

Ia menerangkan, bahwa pihaknya memberitahukan nama tersebut melalui surat jawaban KPU atas surat permohonan calon PAW anggota DPRD F-PKS dari Ketua DPRD per tanggal 16 Agustus 2023.

Adapun surat jawaban tersebut diserahkan oleh Komisioner KPU Bondowoso pada Ketua DPRD, Ahmad Dhafir, Ketua DPD PKS dan Ketua Fraksi PKS Bondowoso Ketut Yudi Kartiko, pada hari ini Jum’at (25/8/2023).

“Tadi Ketua DPRD tidak ada, jadi diwakilkan,” urainya.

Disinggung perihal pelantikannya PAW anggota DPRD, kata Heniwati, selanjutnya menjadi kewenang DPRD Bondowoso.

Informasi dihimpun sendiri Ahyar Rasyid dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu maju di daerag Pemilihan (Dapil) tiga dengan perolehan suara 498.(Nang)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!