Olahraga

Buka Kejuaraan Bola Basket Piala Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Berharap Lahir Atlit-atlit Berprestasi

×

Buka Kejuaraan Bola Basket Piala Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Berharap Lahir Atlit-atlit Berprestasi

Sebarkan artikel ini

Padangsidimpuan, BULETIN.CO.ID – Kejuaraan Bola Basket memperebutkan Piala Wali kota Padangsidimpuan resmi dibuka Wali kota Irsan Efendi Nasution, SH, MM dilapangan olahraga SMA Swasta Kesuma Indah, jalan Batang Gadis, Kel. Wek V, Kec. Sidimpuan Selatan, Jum’at (25/8/2023).

Kejuaran Bola basket ini salah satu bagian dari Gebyar olahraga memperebutkan Piala Wali kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Padangsidimpuan bersama dengan Cabang Olahraga yang bernaung didalamnya.

Gebyar Olahraga ini sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi olahraga di daerah serta menjaring atlet muda berpotensi.

Ketua Perbasi Kota Padangsidimpuan Rhicard Ricardo Sitompul dalam laporannya mejelaskan bahwa dalam kejuaraan bola basket ini diikuti sebanyak 46 team.

“Kejuaraan bola basket ini diikuti sebanyak 46 team yang terdiri dari Tingkat SMA 24 team yang terbagi dari putera dan puteri, kemudian 14 team tingkat SMP yang terbagi team putera dan puteri dan untuk tingkat umum ada 8 tim yang terbagi dari team dari kota Padangsidimpuan Kabupaten Mandailing Natal dan Tapanuli Tengah,” jelasnya.

Sementara, Alexander Piliang, SH, MH selaku salah satu Pengurus Perbasi Provsu yang hadir pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Pemko dan KONI Padangsidimpuan atas dilaksanakannya kegiatan kejuaraan Bola Basket ini, serta juga ucapan terimakasih dan apresiasai kepada Sekolah SMA Swasta Kesuma Indah yang sudah memberikan ijin dipakainya halaman Olahraga sekolah sebagai lokasi perlombaan dan sudah beberapa kali dilaksanakan kegiatan perlombaan Basket pada sekolah tersebut.

BACA JUGA :
Petugas dan WBP Lapas Kelas II Padangsidimpuan Laksanakan Shalat Jumat Bersama

Terakhir Alex berharap agar Pemko Padangsidimpuan membangun Gedung Olahraga (GOR) yang dapat mengakomodir beberapa Cabor apalagi menurut pandangannya atlet-atlet Padangsidimpuan sangat menjanjikan.

“Atlet atlet cukup menjanjikan, untuk itu para atlet sangat membutuhkan GOR, terkhusus Basket Kota Sidimpuan, kita masuk 4 besar se-Sumatera Utara,” ujar AKP Alexander Piliang yang juga seorang anggota Polri yang bertugas di Polres Padangsidimpuan sebagai Kabag SDM.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Padangsidimpuan H. Syaiful Jamil Hasibuan, ST seperti sebelumnya menyampaikan bahwa Sidimpuan memiliki potensi atlet berbakat berbagai cabang olahraga. Itu dibuktikan pada saat ini ada 10 Atlet dari beberapa Cabor yang berdomisili di kota Padangsidimpuan mengikuti Pelatda jangka panjang untuk PON Sumut-Aceh 2024.

“Ini patut kita syukuri dan menjadi motivasi bagi atlet lainnya. Dan semua atlet-atlet ini, KONI selaku perpanjangan tangan dari Pemerintah sudah memberikan support. Kita berikan setiap bulannya bantuan walau tidak seberapa namun harapan kita dapat membantu atlet-atlet kita dalam berlatih menuju PON Sumut-Aceh 2024,” ungkapnya.

BACA JUGA :
Ribuan Peserta Meriahkan Bondowoso Night Run

H. Syaiful Jamil Hasibuan juga mengugkapkan bahwa dibawah kepemimpinan Wali kota Irsan Efendi Nasution semenjak iya dilantik sebagai ketua KONI hingga 2 Periode, Pemko Padangsidimpuan selalu memberi dukungan penuh terhadap pengembangan prestasi olahraga.

“KONI sebagai perpanjangan tangan Pemerintah tak satupun Cabang olahraga yang tidak kita perhatikan, tentu semua itu juga sesuai mekanisme dan kekuatan anggaran yang kita miliki.”

“Disini melalui saya selaku Ketua KONI mewakili Cabor dan penggiat olahraga yang ada, mengucapkan terimakasih kepada pak Wali kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution. Kami berharap dukungan ini terus berlanjut dalam memajukan olahraga di kota Padangsidimpuan,” harapnya.

Sedangkan Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, MM, saat menyampaikan arahannya mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini patut ditingkatkan karena ini merupakan salah satu upaya pembinaan para atlet, khususnya atlet di Kota Padangsidimpuan. Serta untuk menjalin persaudaraan antara para pelajar di Kota Padangsidimpuan.

“Dengan diperbanyak kegiatan-kegiatan olahraga yang penuh dengan motivasi yang dilaksanakan KONI dan Cabor, maka anak-anak kita ini diharapkan lupa dengan kegiatan negatif. Serta diharapkan mampu menumbuhkan jiwa sportifitas antara para pelajar,” harapnya.

BACA JUGA :
Kejuaraan Renang Piala Wali Kota Padangsidimpuan Cup III Dibuka Secara Resmi

Beliau juga mengungkapkan, dengan adanya Gebyar Olahraga ini, dapat meningkatkan talenta, dan kemampuan para Atlit, sehingga lahir atlit-atlit berprestasi. Apalagi seperti kata Alex bahwa Kota Sidimpuan masuk 4 Besar di Sumut dan termasuk lumbung atlet Basket untuk Provinsi Sumatera Utara.

“Kepada semua peserta junjung sportifitas saat bertanding, semoga anak anak kami yang menggeluti olahraga basket, dimasa depan cita cita atau mimpinya menjadi atlet Basket profesional tercapai,” ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota juga menyampaikan terkait permintaan pembangunan Gedung Olahraga, bahwa Pemko Padangsidimpuan kalau tidak ada kendala pada tahun ini akan membangun GOR di sekitar Jalan Sutan Soripada Mulia.

“Semoga tidak ada kendala dalam pembangunannya, Karena saya juga sependapat dengan pak Alex sesungguhnya GOR selain untuk olahraga Basket juga bisa juga mengakomodir kegiatan olahraga olahraga lainnya,” tandasnya.

Pada kejuaraan bola basket ini dihadiri oleh mewakili Kapolres Padangsidimpuan, mewakili Dandim 0212/TS, Camat Sidimpuan Selatan, Kabag Prokopim, para Guru SMA Swasta Kesuma Indah, pengurus Perbasi Kota Padangsidimpuan, dan undangan lainnya. ( Andi Hakim Nasution)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.