Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Sebagai upaya mendekatkan layanan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan melalui layanan Mobile Customer Service (MCS) membuka pelayanan pendaftaran, perubahan data hingga pemberian informasi. Kali ini layanan MCS hadir di Desa Tlontoraja yang berada di Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Kamis (24/11/2022).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Munaqib mengharapkan dengan adanya layanan MCS ini dapat menjawab rasa ingin tahu dan kebutuhan masyarakat akan informasi tentang layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Layanan MCS ini meliputi pemberian informasi hingga perubahan data sebagai upaya mendekatkan layanan kepada masyarakat.
“MCS hadir di Desa Tlontoraja untuk mendekatkan dan mempermudah layanan kepada peserta. Masyarakat dapat mengakses informasi tentang layanan JKN sesuai kebutuhan,” kata Munaqib.
Tak seperti daerah perkotaan, Desa Tlontoraja berada di pantai utara Madura ini memiliki keterbatasan akses jaringan komunikasi dan data sehingga tidak semua penduduk dapat mengakses layanan tanpa tatap muka yang menggunakan jaringan internet.
“Akses digital di daerah pesisir masih terbatas, sehingga menghadirkan layanan MCS merupakan langkah yang tepat untuk masyarakat Desa Tlontoraja agar membantu mereka yang membutuhkan pelayanan administrasi ataupun informasi Program JKN,” ucap Munaqib.
Munaqib juga berharap melalui MCS, masyarakat yang hadir pada kegiatan ini dan belum paham perihal hak dan kewajiban sebagai peserta JKN bisa mendapat informasi langsung dari petugas MCS BPJS Kesehatan.
“Adanya layanan MCS ini sangat membantu masyarakat dari pelosok daerah pesisir. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan yang letaknya jauh dari Tlontoraja. Kami juga dapat mensosialisasikan hak dan kewajiban peserta JKN seperti pelaporan perubahan data dan pengecekan keaktifan,” imbuhnya.
Masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan layanan MCS. Terbukti begitu sampai di Desa Tlontoraja, layanan MCS langsung diserbu oleh masyarakat di sana. Salah satu warga Tlontoraja, Agusmanto, turut bergembira dengan adanya layanan MCS ini.
“Saya rasa bagus ada layanan MCS ini, kami tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Terima kasih BPJS Kesehatan, karena selama ini saya selalu memperoleh layanan JKN dengan baik,” pungkas Agusmanto dengan wajah sumringah.