Scroll untuk baca artikel
Daerah

Disdikbud Kabupaten Pamekasan Perkenalkan Hasil Kajian Koleksi Museum Mandhilaras, Melalui Seminar 

×

Disdikbud Kabupaten Pamekasan Perkenalkan Hasil Kajian Koleksi Museum Mandhilaras, Melalui Seminar 

Sebarkan artikel ini
Disdikbud
Foto : ist.

Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Umum Mandhilaras. Seminar tersebut dibuka langsung oleh kepala Disdikbud Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini. Sabtu (09/12/2023).

Dalam sambutannya, Akhmad Zaini mengatakan, tujuan digelarnya acara seminar hasil kajian koleksi Museum Umum Mandhilaras tersebut yaitu untuk memberikan gambaran mengenai hasil kajian tentang benda-benda koleksi yang berada di museum Mandhilaras Pamekasan.

BACA JUGA :
Pemkab Pamekasan Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah

“Sebab semua benda itu harus kita lakukan kajian oleh ahlinya, baik tentang nilai sejarahnya, tahunnya dan semuanya. Dan hari ini kita lakukan kajian itu,” katanya.

Pihaknya menambahkan, Disdikbud dalam hal ini mendatangkan pemateri yang ahli di bidang arkeologi.

“Pematerinya dari Tim Ahli Arkeologi Indonesia Komda Provinsi Jawa Timur (Blasius Suprapta) dan Tim Cagar Budaya Kabupaten Pamekasan (Ketut Putriari),” Imbuhnya.

BACA JUGA :
KJJT-Banyuwangi Dibikin Geram Dengan Oknum ASN yang Diduga Pemilik Bangunan tak Berijin yang Ancam Wartawan

Pihaknya berharap dengan digelarnya kegiatan seminar tersebut dapat memberikan pengetahuan tentang sejarah benda-benda koleksi di Museum Mandhilaras Pamekasan.

Sementara Kabid Kebudayaan Disdikbud Pamekasan, Siti Fatimah menuturkan, bahwa beberapa bulan yang lalu, para pemateri telah melakukan kajian prihal benda-benda koleksi Museum Umum Mandilaras.

“Pemateri telah melakukan kajian beberapa bulan yang lalu dan saat ini hasil kajiannya kami seminar-kan,” tuturnya.

“Dan diharapkan untuk disebarluaskan kepada seluruh guru dan murid yang berada di sekolah masing-masing,” pungkasnya.

BACA JUGA :
LBH Abu Nawas Gugat Pra Peradilan Polda Jatim, Akhirnya Damai di PN Bondowoso

Sekedar diketahui, acara tersebut diikuti oleh pamong budaya beserta seluruh staf bidang kebudayaan, pengawas SMP, Koordinator wilayah bidang pendidikan dan kebudayaan kecamatan se-Kabupaten Pamekasan, kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri dan swasta Pamekasan dan Kepala Sekolah Dasar Negeri.(WF)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.