Scroll untuk baca artikel
Politik

Jelang Pemilu 2024, KPU Bondowoso Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

×

Jelang Pemilu 2024, KPU Bondowoso Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, BULETIN.CO.ID – Menjelang perhelatan Pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di Desa Koncer Darul Aman Kecamatan Tenggarang, Rabu (27/12/2023).

Simulasi dilaksanakan di TPS 3 Desa Koncer Darul Aman karena memiliki DPT yang tidak terlalu banyak yakni hanya sebanyak 182 pemilih. TPS ini kemudian menjadi percontohan untuk TPS lain di Kabupaten Bondowoso.

BACA JUGA :
Semarakkan Semangat Kebangsaan: Kasdim 0822 Bondowoso Bacakan Amanat Menyentuh

Sementara petugas peraga simulasi diperankan oleh beberapa anggota PPS.

Ketua KPU Bondowoso, Junaidi, S.H menjelaskan, dilakukannya simulasi sebelum pencoblosan pada 14 Februari 2024 bertujuan agar penyelenggara maupun masyarakat paham betul tentang prinsip dan pelaksanaan pemungutan suara dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, untuk pemungutan suara Pemilu 2024 tidak jauh beda dengan Pemilu sebelumnya. Hanya saja tahun ini sistem rekapitulasinya disebut lebih praktis karena menggunakan aplikasi berbasis teknologi bernama Sirekap (sistem informasi rekapitulasi).

BACA JUGA :
Bulan Syawal, Kodim 0822 Bondowoso Gelar Apel Khusus dan Halal Bihalal

“Jadi teman-teman itu sudah menggunakan IT,” terang Junaidi.

Di Sirekap itu diketahui hasil suara untuk presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPD dan DPRD Kabupaten.

“Yang menginput KPPS. Jadi inputnya ke KUP dan lebih praktis. Jadi C1 itu tidak hanya hard copy, tapi di-scan lalu dilaporkan langsung,” terang dia.

BACA JUGA :
Anggota DPRD Bondowoso Angkat Bicara Terkait Lambannya Pelayanan PDAM

Selain dihadiri oleh Seluruh PPK se-Kabupaten Bondowoso. Acara simulasi juga dihadiri langsung oleh Komisioner Bawaslu, Camat Tenggarang, perwakilan Polsek dan Koramil setempat.(Nang)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.