Nasional

Kepesertaan JKN-KIS Meningkat Hingga 252,17 Juta, Indonesia Masuk Capaian Tercepat Dalam 10 Tahun

×

Kepesertaan JKN-KIS Meningkat Hingga 252,17 Juta, Indonesia Masuk Capaian Tercepat Dalam 10 Tahun

Sebarkan artikel ini
Foto : Dirut BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti saat menyampaikan laporan dalam penyerahan penghargaan UHC kepada Pemda di Balai Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Maret 2023.

Jakarta, BULETIN.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan penghargaan bagi pemerintah daerah atau wali kota yang telah menerap program Universal Health Coverage (UHC) di Balai Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Maret 2023.

Direktur umum BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan saat ini jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) per 1 Meret 2023 telah mencapai 252,17 juta orang atau 90,79 persen dari jumlah penduduk.

Selain itu, dalam laporannya Ghfron juga menyampaikan hingga saat ini 22 provinsi serta 334 Kabupaten jumlah UHC atau cakupan kepesertaan JKN-KIS mencapai 95 persen.

“Hal ini menjadikan JKN-KIS sebagai jaminan kesehatan terbesar di dunia,” kata Ghufron saat penyerahan UHC di Balai Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Maret 2023.

Ghufron juga mengklaim saat ini kondisi finansial BPJS Kesehatan selaku pengelola JKN-KIS juga dalam kondisi yang sehat. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya kasus gagal bayar klaim kepada fasilitas kesehatan (Faskes). Bahkan, kata Dirut BPJS Kesehatan, pihaknya memberikan uang muka layanan untuk memastikan terjaganya cashflow rumah sakit.

“Rumah sakit saat ini bahkan rebutan (pasien) BPJS. BPJS tidak punya utang dengan rumah sakit, bahkan kami naikkan tarif di rumah sakit,” ujar ghufron.

Ghufron melanjutkan, pihaknya mengkalim sebanyak 502,8 juta masyarakat berobat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan sepanjang tahun atau 1,4 juta kunjungan per hari. Ia berharap rumah sakit dapat memberikan layanan yang nyaman, tak berbelit, dan tanpa diskriminasi kepada pasien BPJS Kesehatan.

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!