Daerah

Lantik Kades PAW Desa Kadur, Bupati Pamekasan Harap dapat Jalankan Tugas Sesuai Tupoksinya

×

Lantik Kades PAW Desa Kadur, Bupati Pamekasan Harap dapat Jalankan Tugas Sesuai Tupoksinya

Sebarkan artikel ini
Pamekasan
Foto : Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat melantik Kades PAW Desa Kadur di Paringgitan Dhalam Ronggosukowati. (Dok. Humas)

Pamekasan, BULETIN.CO.IDBupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam melantik kepala desa (kades) pergantian antar waktu (PAW) Desa Kadur, Kecamatan Kadur, Haris Burhanuddin di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Jum’at (21/7/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Pamekasan, Masrukin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Fathorrohman, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), dan jajaran pejabat lain di lingkungan Pemkab Pamekasan.

“Alhamdulillah pelantikan ini berjalan lancar, pak kades yang baru dilantik mudah-mudahan sehat, Pj (penjabat kades,red) yang selama ini bekerja mudah-mudahan menjadi amal soleh,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengawali sambutannya.

Bapati Pamekasan juga mengatakan, perjuangan seorang pemimpin membutuhkan semangat kuat mengabdi kepada masyarakat, agama, bangsa, dan negara. Komitmen kuat tersebut harus didukung oleh semua elemen rakyat, karena keberhasilan pemimpin itu tidak hanya ditentukan oleh satu orang, melainkan kerja sama semua pihak.

“Pak kades yang baru dilantik mudah-mudahan semangat pengabdian dan perjuangannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakatnya. Karena bersyukur tidak hanya nikmat, tetapi kemudahan dan pertolongan dari Allah bisa kita rasakan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemimpin itu merupakan anugerah dari Allah yang patut disyukuri, karena tidak semua orang memiliki kesempatan menduduki jabatan tersebut. Oleh karena itu, selama Allah memberikan amanah menjadi pemimpin harus mampu memberikan manfaat kepada orang lain sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Kita harus bisa memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara sesuai dengan level masing-masing. Kades ya levelnya di desa itu, danramil, kapolsek, dan camat juga begitu,” tandasnya.

Bupati yang sukses membawa Pamekasan masuk 10 besar kabupaten terinovasi di Indonesia ini mengungkapkan, revolusi industri menuntut pemimpin mampu berinovasi, kolaborasi, dan akselerasi dalam setiap program yang akan dijalankannya. Tidak bisa gaya kepemimpinan masa lalu diterapkan di era revolusi industri seperti sekarang.

“Tugas kepemimpinan ini berat, kalau dulu zaman Bung Karno jelas, antara pihak yang berkomitmen memerdekakan Indonesia dan yang tidak. Sekarang, revolusi industri mengaburkan itu. Jadi kades fokus atas program yang akan dijalankan, dengarkan hati masyarakat, kalau bahasa inggrisnya dengarkan silent hub masyarakat,” tegasnya.

Dia berharap, kepala desa yang baru dilantik mampu menjalankan amanah rakyat dengan baik, serta senantiasa merangkul rakyat sebagaimana akhlak Rasulullah SAW.

“Selamat dan sukses untuk pak kades kadur, mudah-mudahan kita menjadi saksi baru atas pelantikan dan komitmen kuat dari pak kades yang ingin menjadi pelayan rakyat yang handal, rendah hati, dan baik,” pungkasnya.(WN)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.