Scroll untuk baca artikel
Advertorial

Musrenbang RPJPD dan RKPD Padangsidimpuan TA. 2025 Resmi Dibuka Pj. Wali Kota Letnan Dalimunthe

×

Musrenbang RPJPD dan RKPD Padangsidimpuan TA. 2025 Resmi Dibuka Pj. Wali Kota Letnan Dalimunthe

Sebarkan artikel ini

Padangsidimpuan, BULETIN.CO.ID – Pj. Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padangsidimpuan tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2025 di Aula Bapelitbangda Kota Padangsidimpuan, Rabu 28/02/2024

Dalam arahannya, Walikota Letnan menyampaikan forum Musrenbang ini merupakan forum perumusan antar pelaku pembangunan, mensinergikan perencanaan pembangunan yang menjadi kebijakan pemda dengan aspirasi yang berkembang di masuarakat dalam rangka mengatasi permasalahan daerah yang menjadi isu strategis di Kota Padangsidimpuan.

“Forum musrenbang ini bertujuan untuk membahas rancangan RPJPD dalam rangka penajaman visi misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD. Sedangkan musrenbang RKPD bertujuan untuk menetapkan rencana kegiatan pembangunan bagi para pemangku kepentingan, yang menjadi kegiatanprioritas pembangunan dilingkup Kota Padangsidimpuan yang tertuang dalam renja perangkat daerah, “ucapnya.

Selain itu, untuk mempertajam indikator dan target kinerja program serta lokasi kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Wali Kota Letnan melanjutkan bahwa pembangunan pada dasarnya merupakan perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik.

“Tahapan musrenbang ini merupakan upaya yang dilakukan untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan awal berdasarkan masukan dan saran ketika pelaksanaan konsultasi ke provinsi yang sudah kita laksanakan beberapa waktu yang lewat, “jelasnya.

Ia berharap melalui Musrenbang RPJPD ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar perangkat daerah, memperkokoh kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, sehingga dapat memberikan solusi atas beragam keterbatasan yang dimiliki, serta mampu melahurkan perencanaan yang lebih strategis, sinergi dan tepat sasaran.

BACA JUGA :
Kajari Padangsidimpuan Pimpin Rapat Monitoring Pengelolaan Dana Desa

Terakhir, Pj. Wali Kota Letnan mengajak seluruh lembaga dan komponen masyarakat untuk berkontribusi dalam pembangunan kota Padangsidimpuan.

“Saya meminta kepada seluruh pimpinan dan aparatur di perangkat daerah, serta seluruh stakeholders untuk tetap bersemangat, berfikiran terbuka, memiliki visi ke depan, terintegrasi dan inovatif, “pintanya.

Sementara Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin dalam sambutannya yang diwakili oleh kepala Dinas PMPTSP ProvSU, H. Faisal Arif Nasution, S.Sos, M.Si mengatakan Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan azas perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada prises dengan pendekatan perwncanaan partisipatif dan bottom up.

“Pelaksanaan musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi usulan masyarakat terhadap prioritas pembangunan daerah yang akan masyarakat terhadap prioritas pemvangunan daerah yang akan masuk kedalam dokumen perencanaan tahunan dan juga penajaman arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD untuk dokumen perencanaan dua puluh tahun Kota Padangsidimpuan, “jelasnya.

Selanjutnya, dalam rangka mendukung terwujudnya pencapaian visi RPJPN (Nasional) “Indonesia Emas” yaitu negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan, maka Provinsi Sumatera Utara melakukan penyelarasan terhadap visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD tahun 2025-2045 dengan menetapkan visi Sumatera Utara “Unggul Maju dan Berkelanjutan”, dengan lima sasaran utama visi RPJPD, yaitu:

BACA JUGA :
Pj. Walikota Padangsidimpuan Pimpin Monitoring Harga di Bulan Ramadan
  1. peningkatan pendapatan per kapita penduduk;
  2. tingkat kemiskinan dan ketimpangan berkurang;
  3. peran dan posisi di tingkat nasional dan global meningkat;
  4. daya saing sumber daya manusia meningkat;
  5. penurunan intensitas emisi gas rumah kaca.

untuk mencapai sasaran utama visi RPJPD tersebut, akan dilaksanakan melalui delapan misi, yaitu:

  1. mewujudkan transformasi sosial;
  2. mewujudkan transformasi ekonomi;
  3. mewujudkan transformasi tata kelola;
  4. mewujudkan masyarakat demokratis dengan penciptaan lingkungan aman dan stabilitas ekonomi makro;
  5. mewujudkan ketahanan sosial budaya dan ekologi;
  6. mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan adil;
  7. mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan;
  8. mewujudkan kesinambungan pembangunan.

Menurutnya, dalam rangka memastikan pencapaian visi, misi dan arah pembangunan nasional tahun 2025-2045 harus dilakukan penyelarasan RPJPD provinsi terhadap RPJPN dan RPJPD Kabupaten/Kota terhadap RPJPD Provinsi dan RPJPN.

Kemudian, dalam konteks capaian pembangunan makro di kota padangsidimpuan berdasarkan data bps, Iamemaparkan hampir semuanya telah menunjukan capaian yang baik, antara lain:

  1. Laju pertumbuhan ekonomi, tumbuh menjadi 4,77 persen pada tahun 2022 meningkat 2,02 persen dibandingkan dengan capaian tahun 2021 sebesar 2,75 persen, pertumbuhan tertinggi terjadi pada penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 10,46 persen;
  2. Indeks pembangunan manusia pada tahun 2023 sebesar 78,10 poin mengalami peningkatan sebesar 0,37 poin dibandingkan tahun 2022 sebesar 77,73 poin;
  3. Kemiskinan, juga terus membaik, terjadi penurunan sebesar 0,04 persen dari sebelumnya sebesar 6,89 persen pada tahun 2022 menjadi 6,85 persen pada tahun 2023;
  4. Tingkat pengangguran terbuka, juga membaik dimana sebelumnya pada tahun 2022 sebesar 7,76 persen mengalami penurunan menjadi 7,57 persen pada tahun 2023;
  5. Gini rasio yang terus membaik menjadi 0,267 poin pada tahun 2023 turun dari sebelumnya sebesar 0,275 poin pada tahun 2022.
BACA JUGA :
Penuh Haru, Ketua TP PKK Tapsel Terima Surprise Saat Milad Yang Ke-42

Terakhir, melalui Kadis PMPTSP Provsu, Gubernur Hassanudin meminta Pelaksanaan musrenbang ini tidak hanya sekedar formalitas, tetapi harus benar-benar membahas substansi perencanaan jangka panjang dan tahunan, sehingga perencanaan sampai dengan tahun 2045 dapat tersusun dengan baik dan tepat sasaran.

Selain itu, terwujudnya sumatera utara unggul, maju dan berkelanjutan tidak dapat dilakukan oleh pemerintah provinsi sumatera utara sendiri, tetapi diperlukan kerja bersama, sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, perguruan tinggi, swasta dan masyarakat. Kemitraan strategis inilah yang akan dijalankan kedepan melalui peng-implementasian program-program kedalam berbagai kegiatan pembangunan di sumatera utara.

Turut hadir, Forkopimda Kota Padangsidimpuan, DPRD Kota Padangsidimpuan, Kepala Bappelitbang ProvSU, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat se Kota Padangsidimpuan, Instansi vertikal, TP. PKK Kota Padangsidimpuan, Pimpinan perguruan tinggi, Organisasi keagamaan dan kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda dan undangan lainnya. ( Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.