Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Pakaian Adat Mewarnai Peringatan Hardiknas 2023 di Tapsel

×

Pakaian Adat Mewarnai Peringatan Hardiknas 2023 di Tapsel

Sebarkan artikel ini

Tapanuli Selatan, BULETIN.CO.ID – Nuansa peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini di Kabupaten Tapanuli Selatan sangat spesial dan berbeda dengan peringatan Hardiknas pada tahun sebelumnya.

Dimana tahun ini, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengenakan baju adat Batak Angkola, sementara para pejabat dan seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah sehingga menambah semaraknya peringatan Hardiknas tahun ini di Lapangan Parade Komplek Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Selasa (2/5).

Adapun tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yakni ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

BACA JUGA :
Pj Wali Kota Harap Hasil Survei Akreditasi Tingkatkan Mutu Pelayanan RSUD Padangsidimpuan

Sementara itu, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) menyampaikan dukungan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan Nasional

Adapun peningkatan mutu pendidikan yang terus didorong seperti yang disampaikan Dolly, pada pidato Mendikbud dan Ristek RI Nadiem Anwar Makarim yakni, melalui Platfrom Merdeka Belajar, dan Merdeka Mengajar.

“Tentu dengan ‘Merdeka Mengajar’ para guru-guru lebih kreatif berinovasi, begitu juga dengan para murid dapat lebih tenang karena aktivitas mereka dinilai lebih holistik oleh gurunya, ” sebut Dolly.

BACA JUGA :
Bupati Dolly Pasaribu Undang 20 Peserta CPMI Asal Tapsel

Lebih lanjut Dolly menyampaikan, dengan hadirnya Platfrom Merdeka Belajar, seperti pencairan dana BOS dapat membuat sekolah-sekokah lebih fleksibel dan lebih leluasa untuk meningkatkan pembelajaran sekolah.

“Demikian halnya perluasan penyediaan beasiswa, membuat kesempatan masuk perguruan tinggi jauh lebih terbuka, ” ungkapnya.

Apalagi selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar kita, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semua semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, ” ujar Dolly.

BACA JUGA :
Bupati Tapsel Beri Bantuan Kepada Keluarga Korban Akibat Terbawa Arus Sungai

Cita-cita yang dimaksud yakni, pendidikan yang menuntun bakat minat dan potensi peserta didik, agar mereka mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Turut hadir pada Upacara Hardiknas, Forkopimda Tapsel, para PNS dan ASN di Lingkungan Pemkab Tapsel serta para guru-guru dan siswa SD, SMP se-Tapsel. ( Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.