Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Peduli Akan Kanker, Ketua YKI Tapsel Sosialisasikan Pencegahan Kanker

×

Peduli Akan Kanker, Ketua YKI Tapsel Sosialisasikan Pencegahan Kanker

Sebarkan artikel ini

Tapanuli Selatan, BULETIN.CO.ID – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Ny Rosalina Dolly Pasaribu, melakukan sosialisasi pencegahan kanker di dua kecamatan yakni, Kecamatan Angkola Selatan dan Angkola Timur, pada Jumat (17/11). Kegiatan ini berlangsung di UPT Puskesmas Simarpinggan dan UPT Puskesmas Pargarutan.

Dalam kesempatan tersebut, Rosalina memberikan arahan bahwa tugas utama dari YKI ini ialah agar masyarakat Tapanuli Selatan (Tapsel) bebas kanker. Menurut Rosalina, hal itu perlu untuk pencegahan sedari dini agar masyarakat tidak terkena dari kanker.

“Melalui yayasan kanker ini saya mengajak kita semua, untuk ingat akan bahaya kanker. Oleh karena itu, pencegahan sedari dini perlu dilakukan, agar kita terbebas dari penyakit kanker, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujar Rosalina.

BACA JUGA :
Ketua TP PKK Cek Kesiapan Paviliun Pemkab Tapsel di PRSU ke-49 Tahun

Dalam kesempatan yang sama, Rosalina mengatakan bahwa, salah satu tanaman yang bermanfaat dalam menghambat proses pertumbuhan kanker, yakni daun kelor, selain itu daun kelor juga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

“Kita dapat memanfaatkan daun kelor, yang berfungsi untuk menghambat proses pertumbuhan kanker. Selain itu, daun kelor ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan anak. Karena dengan kita mengonsumsi daun kelor, itu dapat mempercepat proses pertumbuhan anak dan membuat anak kita semakin sehat,” ucap Rosalina.

BACA JUGA :
Bupati Tapsel Harap Desa Paran Padang Raih Juara Lomba Desa Binaan Tingkat Provinsi Sumut

Dalam hal, upaya untuk pencegahan kanker, kini masyarakat Tapsel tidak perlu khawatir lagi. Karena kini, Kabupaten Tapsel sudah ada program Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan ke seluruh masyarakat.

Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam memeriksakan kesehatannya ke unit-unit kesehatan yang ada di Tapsel. Setiap warga yang ber-KTP dan KK Tapsel, memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan.

BACA JUGA :
Bupati Tapsel Berharap Peringatan Isra' Mi'raj 1445 H Dapat Mempersatukan Umat

“Karena biaya kesehatan telah dijamin oleh pemerintah,” terangnya.

Dalam sosialisasi pencegahan kanker tersebut, turut hadir, Dr Emilda Selaku pemateri dalam kegiatan tersebut, Pengurus YKI Tapanuli Selatan, Ny Evi Parlindungan Harahap, Ibu Ketua PKK Kecamatan Angkola Selatan, Ibu Ketua PKK Kecamatan Angkola Timur, Kepala Puskesmas Pargarutan, dan Kepala Puskesmas Simarpinggan yang diwakili staf dari Puskesmas Simarpinggan. ( Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.