Scroll untuk baca artikel
Daerah

Pemkab Pamekasan Gelontorkan Dana Puluhan Juta untuk Budidaya Ikan Kerapu Cantang

×

Pemkab Pamekasan Gelontorkan Dana Puluhan Juta untuk Budidaya Ikan Kerapu Cantang

Sebarkan artikel ini
Pamekasan
Foto : Bibit ikan kerapu Cantang yang dibagikan kepada Pokdakan di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Perikanan setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 93,641 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 untuk pengadaan sarana budidaya ikan air payau.

Bantuan ini ditujukan kepada 10 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Desa Lembung, Kecamatan Galis.

“Sumber anggarannya dari APBD 2024, satu kelompok tersebut mengajukan di tahun 2023 kemarin, untuk pengadaan bibit ikan kerapu cantang di wilayahnya. Metode pengadaannya secara langsung atau penunjukan,” Kata kepala bidang budidaya Dinas Perikanan kabupaten Pamekasan, Lutfie Asy’ari saat ditemui media ini diruang kerjanya pada Selasa (26/03/2024).

BACA JUGA :
Bertajuk Bulan Bakti Kemerdekaan RI, DPMPTSP Kabupaten Pamekasan Berikan Layanan Perizinan UMKM Gratis di 13 Desa

Bantuan yang diberikan kepada Pokdakan kata Lutfie berupa bibit ikan kerapu cantang, alat pembuatan pakan, dan pompa air.

Luthfie juga menambahkan, bibit ikan tersebut nantinya diprediksi akan panen sekitar 4 hingga 5 bulan kedepan dengan menyasar pasar ekspor ke luar daerah dengan hasil yang cukup memuaskan.

“CV. Asa raya menjadi penyedia, semuanya sudah transparan dapat diakses di halaman pengadaan. 1 ton bisa dihasilkan dari budidaya ikan saat  masuk masa panen dengan tafsiran nominal pendapatan sekitar Rp. 70 juta, dari itu semua akan kembali ke penerima bantuan agar dapat dimanfaatkan kembali,” Papar Luthfie.

BACA JUGA :
Smart, Satu-satunya RSUD di Madura yang Terakreditasi Tiga Kali Berturut-turut

Dilansir dari laman resmi dari LPSE.pamekasankab.go.id Pemenang Pengadaan Sarana Budidaya Ikan Air Payau di Desa Lembung ialah Cv. Asa Raya  beralamat di Perum Graha Kencana Blok S-11 Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur dengan nomer NPWP 02.083.188.9-608.000 dengan hasil negoisasi sebesar Rp.92.048.000,0

Adapun beberapa manfaat Budidaya Ikan Kerapu Cantang sebagai berikut: 

1. Meningkatkan pendapatan Pokdakan di Desa Lembung. 

2. Meningkatkan produksi ikan air payau di Kabupaten Pamekasan.

BACA JUGA :
Bupati Pamekasan Berpesan : Calon Penerima Beasiswa Kedokteran Unair jika Jadi Dokter agar Ikhlas

3. Meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Pamekasan.

4. Menciptakan lapangan pekerjaan di sektor perikanan.

5. Meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Lembung

Dengan adanya pengadaan sarana budidaya ikan air payau di Desa Lembung diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan kerapu cantang di Kabupaten Pamekasan. Hal ini akan meningkatkan pendapatan Pokdakan, ketahanan pangan, dan taraf hidup masyarakat di Desa Lembung khususnya.(WF)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.