Scroll untuk baca artikel
Daerah

Peringati Hari Pahlawan Nasional, Pj Bupati Pamekasan Sampaikan Pidato Mensos RI

×

Peringati Hari Pahlawan Nasional, Pj Bupati Pamekasan Sampaikan Pidato Mensos RI

Sebarkan artikel ini
Pamekasan
Foto : dok.Humas.

Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar upacara hari pahlawan nasional ke 78 di lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Jum’at (10/11/2023).

Pj Bupati Pamekasan, Masrukin yang bertindak sebagai inspektur upacara saat membacakan pidato Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyampaikan, peringatan hari pahlawan sangat bermakna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengingat, para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia  mempertaruhkan jiwa dan raga.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945” tegasnya.

BACA JUGA :
Kapal Dewaruci Akan Belabuh di Baubau Pada Hari Ini, Berikut Agendanya

Dikatakan, para pahlawan telah memperjuangkan nilai-nilai perjuangan, nilai yang akan membawa jejak kemenangan. Para pejuang kemerdekaan juga mengajarkan bangsa Indonesia untuk tidak menjadi pecundang dengan bersimpuh dan menyerah sebagai tanda kekalahan. Melainkan sebesar apapun tantangan dan rintangan akan dihadapi hingga darah penghabisan.

“Dengan tangan mengepal dan dada menggelora, dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dalam pertempuran 10 november 1945 menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya” tandasnya.

BACA JUGA :
Awal Tahun 2024, Pj Bupati Pamekasan Ajak ASN Tetap Optimis dan Lebih Baik

Menurutnya, rakyat bergandengan tangan dengan tokoh masyarakat, pemuka agama beserta pengikutnya, dan para laskar pemuda dan pejuang seantero Indonesia melebur menjadi satu demi kemerdekaan Indonesia, taruhannya hidup atau mati. Generasi penerus saat ini hanya tinggal menikmat hasili perjuangan masa lampau tersebut.

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945” pungkasnya.

BACA JUGA :
Kreatif, Lurah Patemon, Pamekasan Manfaatkan Kotoran Sapi Jadi Pengganti LPG, Bantu Pelaku UMKM di Wilayahnya

Perlu dikethaui, pelaksanaan upacara tersebut diikuti oleh forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), TNI, Polri, Satpol PP, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan, perwakilan mahasiswa se Pamekasan, serta puluhan eks pejuang kemeredekaan atau veteran.(WF)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.