Pemerintahan

Perkuat Sinergi Pemkot se-Indonesia, Rakernas XVI Apeksi 2023 di Kota Makassar Resmi Dibuka

×

Perkuat Sinergi Pemkot se-Indonesia, Rakernas XVI Apeksi 2023 di Kota Makassar Resmi Dibuka

Sebarkan artikel ini

Padangsidimpuan, BULETIN.CO.ID – Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM mengikuti Rapat Kerja Nasional XVI (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 resmi dibuka di Upperhills Convention Center, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (12/7/2023).

Rakernas bertajuk “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat” tersebut dihadiri oleh 88 wali kota (walkot) serta pejabat pemerintahan dari seluruh Indonesia. Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Ketua Umum Apeksi Bima Arya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) Hajar Diantoro, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan Walkot Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Dalam sambutannya, Walkot Makassar Moh Ramdhan Pomanto menekankan pentingnya peran kota-kota Indonesia dalam memajukan bangsa. Terlebih lagi, sebanyak 85 dari total 96 walkot se-Indonesia akan mengakhiri masa jabatannya pada 2024.

“Maka dari itu, Apeksi tahun ini sangat bersejarah. Kita berada di rotasi kepemimpinan nasional. Tentu banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan sinergi,” tutur pria yang akrab disapa Danny Pomanto tersebut.

Menurut Danny, Rakernas Apeksi bisa menjadi platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks. Oleh karenanya, Rakernas XVI Apeksi menghadirkan sosok-sosok calon pemimpin Indonesia untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda).

“Apeksi di bawah kepemimpinan Bima Arya berhasil mengundang calon pemimpin bangsa untuk berdiskusi di forum terhormat ini untuk menerima gagasan dari seluruh kota. Saya kira ini sejarah, karena sebelum para walkot selesai bertugas, kita masih bisa berbuat untuk bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan, rakernas kali bukanlah sekadar acara seremonial belaka karena akan ada sejumlah substansi penting yang dibahas. Ada tiga pesan utama yang akan dibahas dalam Rakernas XIV Apeksi.

“Pertama, Apeksi konsisten mengawal otonomi. Kedua, optimistis menuju Indonesia Emas 2045. Ketiga, semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pusat dan daerah,” ucap Bima Arya. Ia pun berharap hasil pertemuan kali ini bisa mendorong terwujudnya pembangunan kota yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat. “Sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang maju dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan,” sambungnya.

Usai mengikuti Rakernas tersebut, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menyampaikan, pentingnya kerjasama antar kota dalam memajukan pembangunan dan kemajuan kota-kota mereka masing-masing. Ia menggarisbawahi pentingnya persatuan dan kerjasama dalam mencapai pertumbuhan perkotaan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan warga.

“Rakernas ini menjadi platform untuk berbagi praktik terbaik, bertukar ide, dan membahas tantangan yang dihadapi oleh pemerintah daerah di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antarkota dan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara kota-kota yang berpartisipasi, ” pungkasnya. ( Andi Hakim Nasution)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!