Pemerintahan

Rampung Larut Malam, Antusiasme Penonton di Pawai Budaya HadiPro Tetap Tinggi

×

Rampung Larut Malam, Antusiasme Penonton di Pawai Budaya HadiPro Tetap Tinggi

Sebarkan artikel ini

Kota Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Sekalipun waktu telah menunjukkan pukul 02.00 WIB dini hari, antusiasme warga Kota Probolinggo dalam menyaksikan Pawai Budaya tetap tinggi. Ribuan orang yang terdiri dari orang dewasa bahkan anak-anak pun bertahan hingga kontingen terakhir lewat. Penonton pun terlihat sejak Sabtu (9/9) siang, begitu juga dengan para pedagang. Padahal acara tersebut dimulai pukul 18.00 WIB.

Ya, Pawai Budaya 2023 baru pertama kalinya diselenggarakan malam hari dan menampilkan 68 kontingen. Yang terkadang, satu kontingen berisi beberapa peserta.

Kondisi penonton pun tetap tertib meski berjubel. Mereka tetap menyaksikan parade peserta dengan duduk tertib. Di sepanjang rute yang dilalui probolinggokota.go.id, penonton. telah menyiapkan alas untuk duduk dan tidak berdesakan berdiri. Alhasil anak-anak pun menikmatinya.

BACA JUGA :
Bupati Dolly Jadi Irup HAB ke-77 Tahun di Tapanuli Selatan

Seperti yang dikatakan oleh Sofia – siswi SMA tersebut yang mengaku tidak menyiapkan apa-apa, “Tadi dari rumah ya ga bawa apa-apa, cuman di sini banyak pedagang yang menjual alas duduk. Tadi juga dihimbau untuk duduk saja, jadi sekalian beli alasnya. Sambil nyemil makanan,” ucap perempuan yang datang bersama kawannya tersebut.

Lain halnya dengan Ibu Arini, yang datang bersama cucu tersayang, beliau ingin melihat penampilan anaknya. “Iya ini mamanya anak-anak tampil, jadi saya ngajak mereka sekalian liat peserta yang lain, bagus-bagus semua, jadi betah meskipun sudah jam segini. Untung malem minggu ya, jadi besok masih ada waktu istirahat,” jelasnya masih semangat.

BACA JUGA :
35 Peserta Koperasi dan UMKM di Kota Probolinggo Dibekali Pelatihan Kerajinan Suspeso

Selain para penonton yang masih semangat, begitu pula para penjaja makanan dan pedagan lainnya di sekitar lokasi yang meraup banyak pembeli.

“Sudah dari tadi jam 3 sore saya jualan disini, alhamdulillah banget, ramai, sampai kewalahan. Terimakasih Habib Hadi ngadain acara ini. Semoga Kota Probolinggo semakin maju dan berkah. Aamiin,” ungkap Misnarti yang menjual aneka gorengan dan minuman di depan tugu 0 kilometer ini.

Misnarti menjelaskan bahwa dirinya dibantu suami berjualan di tengah daerah persiapan Pawai tersebut untuk menambah penghasilan. Namun tidak terduga dagangannya hampir habis terjual.

BACA JUGA :
94 PPPK Tenaga Kesehatan di Probolinggo Terima SK Pengangkatan

Bukan hanya penonton yang melihat langsung di sepanjang rute, event tahunan tersebut juga dapat dinikmati melalui live streaming kanal medsos Pemerintah Kota Probolinggo. Yakni facebook Pemerintah Kota Probolinggo maupun Instagram @probolinggoimpressive. Terpantau 1.000 orang menyaksikan siaran tersebut. Dari kolom komentar diketahui, mereka mengapresiasi kinerja Pemkot Probolinggo dalam menyelenggarakan Pawai Budaya tersebut. (*)
Pewarta : Sudarsono.

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.