Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Usai Kukuhkan Pengurus BKMT Tapsel, Bupati Dolly Pasaribu di Upa-Upa

×

Usai Kukuhkan Pengurus BKMT Tapsel, Bupati Dolly Pasaribu di Upa-Upa

Sebarkan artikel ini

Tapanuli Selatan, BULETIN.CO.ID – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu menerima indahan pangupa (nasi yang bertujuan untuk memberi upa-upa) dari pengurus BKMT Tapsel.

Upa-upa itu dilakukan usai Bupati Dolly Pasaribu mengukuhkan Pengurus Daerah (PD) Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Tapsel masa bakti 2021-2026 di Gedung Serba Guna, Komplek Perkantoranan Pemerintahan Tapanuli Selatan, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok (4/12).

Indahan pangupa merupakan sebuah tradisi dari masyarakat Angkola, dimana mangupa dapat diartikan sebagai ungkapan doa yang diselingi nasihat.

Sebelumnya, Dolly menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang baru saja di lantik, serta berpesan agar amanah dalam menjalankan tugas.

Disamping itu, Dolly bercermin dari sikap sang Ibunda tercinta yang aktif berkegiatan di usia senja, dengan aktif dalam menghadiri pengajian dapat membuat hidup semakin sehat.

BACA JUGA :
Bupati Tapsel Serahkan Bantuan 5 Unit Kenderaan Mobil Dinas Kepada Ormas Islam

“Bertemu satu sama lain, silaturahmi, bertukar kabar, itulah yang membuat kita sehat,” terang Dolly.

Mengingat bahwa pengajian BKMT dilakukan setiap bulannya di daerah yang berbeda, sehingga membutuhkan kenderaan untuk menjangkaunya dimana tidak dapat dipungkiri kemungkinan terburuk yang tidak diinginkan akan terjadi. Begitu pula akibat usia dan ajal yang menjemput.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) apabila ketidak inginan itu terjadi didalam perjalanan ketika menuju pengajian, keluarga dari jamaah telah mendapatkan perlindungan jaminan dari Pemerintah.

“Menurut kami itulah yang bisa kami berikan saat ini, semoga inang nami sehat dan semangat dalam mengikuti pengajian ,” papar Dolly.

Begitu juga Koperasi Syariah dan Baitul Mal wa Tamwil yang dibentuk dapat semakin dihidupkan dengan menjalankan iuran semampunya yang dimana tidak memberatkan anggota. Jika itu dikelola dengan baik maka koperasi dapat membantu usaha maupun perekonomian jamaah sekalian.

BACA JUGA :
Wabup Tapsel Berikan Penyuluhan Pertanian Kopi Plus Motivasi Petani Desa Batu Satail

“Koperasilah yang menjadi titik tengah atau Soko Guru perekonomian kita di Indonesia ini,” ujar Dolly.

Dolly juga mengajak kepada pengurus dan jamaah BKMT se-Kabupaten Tapanuli Selatan untuk sering mengikuti pengajian, karena dengan mengikuti pengajian termasuk menjadi salah satu cara dari penolak bala.

Dengan sering mendatangi majelis taklim, disitulah rahmat Allah turun. Karena dimana majelis yang didalamnya mengagungkan asma Allah dan mengingat Nabi Muhammad SAW, tentu itu majelis yang dibanggakan di depan malaikat, tambahnya.

“Mulailah kita hari ini sampai seterusnya menjadikan pengajian BKMT sebagai majelis yang kita hadirkan untuk menyaksikan kuasa Allah, kita tinggalkan obrolan yang tidak bermanfaat, bergunjing, apalagi memfitnah orang, ajak Dolly.

BACA JUGA :
Wali Kota Padang Sidempuan Terima Kunjungan Kabiro Otda Provinsi Sumatera Utara

Disamping itu, Dolly juga berterima kasih kepada BKMT karena telah menjadi perpanjangan tangan antara pemerintah dengan masyarakat.

Dolly juga mengingatkan seluruh jamaah BKMT untuk tidak mudah termakan berita bohong (hoax) yang dapat memecah belah persatuan.

Setelah dilaksanakan pengukuhan, Bupati menyerahkan sebanyak 67 santunan kepada ahli waris kelompok BKMT dan kelompok keagamaan se-Kabupaten Tapanuli Selatan.

Turut hadir dalam acara itu, mewakili Forkopimda, Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD, Ketua DWP, Pimpinan Ormas Islam se-Kabupaten Tapanuli Selatan. ( Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.