Pemerintahan

Bupati Sampaikan Nota Penjelasan 5 Raperda Kabupaten Lumajang Tahun 2023

×

Bupati Sampaikan Nota Penjelasan 5 Raperda Kabupaten Lumajang Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Lumajang, BULETIN.CO.ID – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri Rapat Paripurna I DPRD Kabupaten Lumajang, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Lumajang, Rabu (24/5/2023).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Eko Adis Prayoga, dengan agenda Penyampaian Nota Penjelasan Bupati terhadap 5 Raperda Kabupaten Lumajang Tahun 2023, dan Penyampaian Nota Penjelasan DPRD terhadap 2 Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Lumajang Tahun 2023 oleh Pimpinan Bapemperda.

BACA JUGA :
Gunung Semeru Berstatus Siaga, Masyarakat Dihimbau Waspadai Potensi Awan Panas

Saat rapat tersebut, Bupati Lumajang menyampaikan, 5 Raperda yang diajukan untuk dibahas pada masa persidangan kesatu DPRD tahun 2023 yakni, pajak daerah dan retribusi daerah, rencana tata ruang wilayah Kabupaten Lumajang tahun 2022 – 2042, pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh, penyerahan prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan permukiman, serta pengendalian dampak pengusahaan sumber daya alam (SDA).

BACA JUGA :
Kontes Kambing Pra Piala Presiden 2023 Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Lanjut dia, pemerintah daerah diharuskan untuk mengimplementasikan konsep pembangunan berkelanjutan, dengan menjadikan kelestarian lingkungan sebagai tujuan pembangunan tanpa mengurangi efektivitas pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud keadilan sosial.

Namun, disisi lain pemerintah juga dibatasi oleh kewenangan, maka sebagai terobosan dalam pengendalian dampak pengusahaan sumber daya alam pada sektor lingkungan hidup, lalu lintas angkutan jalan, penanaman modal, sosial, dan aspek lain sesuai kewenangan pemerintah daerah.

BACA JUGA :
Wali Kota Padangsidimpuan Lepas Rombongan Peserta Nasyid Ikuti Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provsu

“Atas pengajuan lima Raperda dalam rapat paripurna DPRD hari ini agar dapat dilakukan kajian secara lebih mendalam terhadap materi muatan yang diatur lebih lanjut pada forum dan agenda berikutnya,” pungkasnya. (*)
Pewarta : Sudarsono.

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.