Pemerintahan

Bupati Tapsel Dampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Ziarah ke Makam Namora Pande Bosi

×

Bupati Tapsel Dampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Ziarah ke Makam Namora Pande Bosi

Sebarkan artikel ini

Tapanuli Selatan, BULETIN.CO.ID – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Adil mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis saat melakukan ziarah ke makam Namora Pande Bosi di Kecamatan Batang Angkola, Rabu (2/8).

Disitu juga terlihat Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, dan Ketua DWP Tapsel Ny Ira Sofyan Adil yang juga turut mendampingi Gubernur dan Ketua TP PKK Sumut berziarah.

BACA JUGA :
Tim Penggerak PKK Trenggalek Hadiri Workshop Pencegahan Perkawinan Anak

Sementara menurut pantauan, rombongan tiba dilokasi sekitar pukul 16.35 WIB usai beranjak dari tempat peresmian Mess Pemprovsu di Sipirok (Tapsel).

Saat tiba dilokasi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi masyarakat Batang Angkola yang telah melestarikan tapak tilas Namora Pande Bosi atau sebutan nama lain Daeng Malela.

“Sepanjang jalan banyak masyarakat yang mencegat Gubernur untuk singgah. Kata Edy, saya tahu di wilayah teritorial banyak yang sayang kepada saya, tapi waktunya terbatas, dan saya nanti akan fokus datang kesini,” ujarnya.

BACA JUGA :
Bupati Trenggalek Kembali Meraih Opini WTP ke-7 dari BPK Jatim

Konon dikabarkan Namora Pande Bosi merupakan seorang laki-laki asal suku Bugis Sulawesi Selatan yang melang-lang buana pada zaman dulu ke Batang Angkola.

Kemudian ia berkeluarga dengan seorang wanita asli Batang Angkola dan Namora Pande Bosi memiliki keturunan, itulah yang bermarga Lubis, kemudian ia mendemonstrasikan bagaimana cara membuat cangkul, kampak, bajak, parang, tombak dan lain sebagainya.

BACA JUGA :
Pj Bupati Bondowoso Beri Alat Selam untuk Kompi 3 Bataliyon B Satbrimob Polda Jatim

Apalagi cara ia bekerja bukanlah seperti orang biasa, akan tetapi besi yang sudah dibakar bisa dibengkokkan dan ditipiskan tanpa alat, cukup dengan menggunakan tangannya. ( Andi Hakim Nasution)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.