Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Jadi Kota Sehat, Pemkot Probolinggo Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Tahun 2023

×

Jadi Kota Sehat, Pemkot Probolinggo Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Kota Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Pemerintah Kota Probolinggo menerima penghargaan Swasti Saba kategori Padapa dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kota Probolinggo dalam menyelenggarakan kabupaten/ kota sehat tahun 2023.

Penghargaan Padapa Kabupaten/ Kota Sehat tahun 2023 diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin pada malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2023, di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Selasa (28/11) malam.

Habib Hadi Zainal Abidin usai menerima penghargaan mengatakan, perolehan ini bukanlah hasil kerja satu pihak, namun upaya bersama. “Penghargaan ini merupakan buah kerja keras semua pihak. Baik Pemerintah Kota Probolinggo maupun seluruh lapisan masyarakat. Sebab perjuangan tak bisa dilakukan sendiri. Inisiasi dari pemerintah harus disambut dengan baik oleh masyarakat sehingga bisa mewujudkan Kota Probolinggo yang lebih baik. Tak hanya saat ini, namun juga di masa mendatang. Sehingga kebaikan-kebaikan di kota ini mendatangkan maslahat bagi semua pihak,” ujarnya

BACA JUGA :
Wali Kota Padang Sidempuan Terima Audiensi Pengurus Sayap Biru

Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati menjelaskan bahwa hal ini merupakan wujud kolaborasi lintas sektor, partisipasi masyarakat dan kolaborasi pemerintah, masyarakat dan swasta dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat. Yaitu, lingkungan yang bersih, nyaman, aman dan sehat secara holistik dan berkelanjutan.

BACA JUGA :
Promosikan Produk Kerajinan, DKUPP Probolinggo Ikuti Pameran Inacraft 2024

“Mewujudkan program kota sehat memerlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Komitmen utama mewujudkan Kota Probolinggo ODF tahun 2024,” jelasnya.

Tak hanya lingkungan yang sehat, beberapa sektor penggerak lainnya seperti akses kesehatan bagi seluruh masyarakat dan pemberdayaan masyarakat hingga ke tingkat kelurahan juga jadi perhatian pemerintah dalam upaya membangun masyarakat yang sehat dan mandiri.

“Program kota sehat yang berkelanjutan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat secara beriringan,” tegasnya.

Untuk diketahui, penghargaan Swasti Saba diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil mengimplentasikan sembilan tatanan. Yaitu, kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan tempat ibadah sehat, pasar rakyat sehat, sekolah/ madrasah sehat, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, pencegahan dan penanganan bencana.

BACA JUGA :
Pemkab Probolinggo dan Pemkab Pamekasan Jalin Kerjasama Pemerintahan dan Pembangunan

Sedangkan penyelenggaraan penghargaan Kota Sehat diberikan kepada kabupaten/kota yang memenuhi kriteria setiap dua tahun sekali, yang dikenal dengan Swasti Saba dengan tiga kategori, yaitu Padapa, Wiwerda dan Wistara. Pada tahun 2023 ini Kota Probolinggo meraih piala Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan). (*)
Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.