Kalapas Kelas II B Padangsidimpuan Sambut Kunjungan Ombudsman RI

banner 468x60

Padangsidimpuan, BULETIN.CO.ID – Anggota Ombudsman RI Jemsly Hutabarat bersama Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara melakukan sidak ke Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kls II B Salambue Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Senin 01 / 8 / 2023 pagi.

Kunjungan sidak kali ini dihadiri Jemsly Hutabarat anggota Ombudsman RI dan Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar.Terlihat, rombongan kunjungan Ombudsman RI ini disambut langsung Kalapas Kelas II B Salambue Padangsidimpuan, Japaham Sinaga, SH, MH, bersama jajarannya saat sidak terhadap pelayanan dan sarana prasarana yang ada di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan.

Saat melakukan sidak, Jemsly Hutabarat dan Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumut, Abyadi Siregar langsung melakukan pemeriksaan mulai pelayanan, dapur umum, sarana dan prasarana yang dilanjutkan dengan komunikasi langsung dengan Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) yang ada di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan tersebut.

Anggota Ombudsman RI, Jemsly Hutabarat kepada wartawan mengatakan bahwa kunjungan Ombudsman RI ke Lapas Kls II B salambue Padangsidimpuan ini dalam rangka Sidak dan Koordinasi dengan Lembaga Kemenkumham RI di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan terkait untuk opini penilaian publik.

BACA JUGA :
Wabup Probolinggo Sambut Kedatangan Jamaah Haji

“Setelah kita melakukan check langsung terkait pelayanan dan sarana prasarana yang ada di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan ini, kita menemukan sedikit sisi negatif terkait sarana dan prasarana yakni adanya rembesan air yang masuk ke ruangan warga binaan nantinya akan mempengaruhi kesehatan para WBP, “ujar Jemsly Hutabarat anggota Ombudsman RI

Selanjutnya Jemsly Hutabarat nilai, sisi positif Lapas sudah memuaskan mulai dari menu makanan, air, pelayanan medis, sarana olahraga dan hasil keterampilan yang dibuat langsung para warga binaan di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan.Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kinerja Kalapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan, Japaham Sinaga, SH, MH, bersama jajarannya untuk melakukan pembinaan rohani terhadap para warga binaan yang ada di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan itu.

“Kita melihat langsung di Lapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan ini adanya bangunan mesjid, Gereja sebagai sarana untuk pembimbingan rohani kepada warga binaan. Dan untuk pembinaan warga binaan yang menganut agama lainnya seperti agama Hindu dan Budha dilakukan pembinaan rohani dengan cara Workshop.Kalau menurut hasil sidak yang kita lakukan dari Ombudsman RI di Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan ini, mulai dari pelayanan, menu makanan yang sehat, air mencukupi, pembinaan rohani dan fasilitas olahraga yang lengkap sudah memuaskan, “pungkas Jemsly Hutabarat kepada wartawan.

BACA JUGA :
Semipro Usai, Wali Kota Bakal Wujudkan Cokro Fair, Hadi Pro hingga Refleksi Kepemimpinan

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumut, Abyadi Siregar yang kagum dengan keahlian para warga binaan yang ada di Lapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan tersebut.

“Kita apresiasi seni keterampilan para warga binaan yang ada di Lapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan mulai dari cara membuat alat musik seperti alat musik keroncong ( Ukulele ), keterampilan membuat cangkir dan mangkok yang terbuat dari batok kelapa, keterampilan perbengkelan, dan keterampilan membuat bingkai dan lainnya.Menurutku, semua orang suka sekali atas keterampilan para warga binaan ini, saya langsung memberikan uang kepada warga binaan yang bermarga Laoly untuk membeli satu unit alat musik keroncong berupa gitar kecil ( Ukulele ), “tandas Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan ( Kalapas ) Kls IIB Salambue Padangsidimpuan, Japaham Sinaga, SH, MH, mengucapkan terimakasih kepada Jemsly Hutabarat dan Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumut beserta rombongan yang telah datang berkunjung ke Lapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan.

BACA JUGA :
Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Wisuda Sarjana ke-61 Tahun Akademik 2022-2023 UMTS

“Mewakili Lapas Kls II B Salambue Padangsidimpuan kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Jemsly Hutabarat dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut beserta rombongan yang telah berkenan hadir mengunjungi Lapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan, “kata Kalapas

Dalam penjelasannya, Kalapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan Japaham Sinaga, SH, MH, menerangkan bahwa kunjungan dari Ombudsman RI ini berharga buat pihaknya, karena saran dan masukan yang diterima dari Ombudsman RI ini jelas akan lebih memotivasi mereka dalam menjalankan tugas untuk yang lebih baik lagi kedepannya.

“Terkait rembesan air yang masuk keruangan warga binaan ini berasal dari bak air yang ada diatas bangunan dan sekarang sudah kita perbaiki dengan memasang keramik atas lantai yang ada dikamar mandi tersebut tempat beradanya bak air tersebut.Terimakasih atas masukannya, “tandas Kalapas Japaham Sinaga. ( Andi Hakim Nasution)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!