Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan Hadirkan Layanan Prima: Sertipikat Tanah Diantar Langsung ke Rumah Warga Desa Sigulang

×

Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan Hadirkan Layanan Prima: Sertipikat Tanah Diantar Langsung ke Rumah Warga Desa Sigulang

Sebarkan artikel ini

Padangsidimpuan, BULETIN.CO.ID – Wujud nyata komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terus ditunjukkan oleh Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan. Melalui inovasi layanan pengantaran sertipikat tanah langsung ke rumah warga, Rabu (22/10/2025), lembaga ini kembali menegaskan tekadnya untuk menghadirkan pelayanan prima, cepat, dan humanis hingga ke pelosok desa.

Salah satu penerima manfaat layanan tersebut adalah Harris Musrafi Nasution (43 tahun), warga Desa Sigulang, yang diwakili oleh istrinya Nurhasanah. Ia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang mendalam kepada Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan atas kemudahan dan keramahan pelayanan yang diterimanya.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih kepada Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan yang telah mengantarkan langsung sertipikat kami ke rumah. Pelayanannya cepat, ramah, dan sangat membantu masyarakat. Semoga pelayanan seperti ini terus berlanjut agar masyarakat semakin mudah dalam menerima hak atas tanahnya,” ujar Nurhasanah, mewakili suaminya.

BACA JUGA :
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Tahfidz, Hj Yusra Siregar Harap Putra-Putrinya Berguna Bagi Orang Banyak

Program pengantaran sertipikat ke rumah ini merupakan bagian dari inovasi pelayanan publik yang diinisiasi oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan, Agustina Harahap, S.T.. Inisiatif ini bertujuan untuk memastikan setiap masyarakat, termasuk yang berada di daerah terpencil, dapat menerima hak atas tanahnya tanpa hambatan.

Dalam keterangannya, Agustina Harahap, S.T., menjelaskan bahwa layanan ini lahir dari semangat untuk menghadirkan kehadiran negara secara nyata melalui pelayanan pertanahan yang lebih dekat, cepat, dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap warga, tanpa terkecuali, mendapatkan pelayanan terbaik. Mengantarkan sertipikat langsung ke rumah bukan hanya bentuk pelayanan administratif, tetapi juga bentuk kepedulian kami agar masyarakat merasa diperhatikan dan dilayani dengan sepenuh hati,” ujar Agustina.

BACA JUGA :
Bank Sumut Gelar Sosialisasi Penggunaan KKPD Kepada Seluruh SKPD di Padangsidimpuan

Ia menambahkan, program ini juga merupakan bagian dari implementasi reformasi birokrasi dan digitalisasi layanan pertanahan yang dicanangkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Melalui langkah ini, Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan berharap dapat terus meningkatkan kepuasan masyarakat sekaligus memperkuat kepercayaan publik terhadap layanan pemerintah di bidang pertanahan.

Layanan pengantaran sertipikat langsung ke rumah warga ini menjadi bukti nyata bahwa Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan tidak hanya berfokus pada efisiensi administratif, tetapi juga mengedepankan aspek kemanusiaan dan pelayanan inklusif.

Masyarakat pun menyambut positif terobosan ini. Selain membantu warga lanjut usia atau yang memiliki keterbatasan mobilitas, program tersebut juga mempermudah warga desa yang berjarak jauh dari kantor pertanahan untuk menerima sertipikat tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan atau menghadapi kendala transportasi.

BACA JUGA :
Meriahkan HUT RI ke-78 Tahun 2023, Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Tanding Volly Bersama Pemuda Pancasila

Dengan inovasi yang berorientasi pada pelayanan publik ini, Kantor Pertanahan Kota Padangsidimpuan di bawah kepemimpinan Agustina Harahap, S.T., semakin menunjukkan perannya sebagai lembaga pemerintah yang adaptif, responsif, dan berkomitmen mewujudkan visi “Pelayanan Pertanahan yang Profesional, Terpercaya, dan Berkeadilan.”

Langkah nyata seperti ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kantor-kantor pertanahan lainnya di seluruh Indonesia dalam menghadirkan pelayanan publik yang semakin mudah, cepat, dan berintegritas — sesuai dengan semangat reformasi agraria dan digitalisasi pelayanan pertanahan nasional. (Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.