Pemerintahan

Kembali Adakan Audiensi, Habib Hadi Dengarkan Uneg-uneg Warga Kebonsari Wetan

×

Kembali Adakan Audiensi, Habib Hadi Dengarkan Uneg-uneg Warga Kebonsari Wetan

Sebarkan artikel ini

Kota Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Habib Hadi Zainal Abidin menyapa warga Jalan Sunan Muria pada Minggu Malam (17/9) melalui acara “Audiensi Wali Kota Bersama Warga”. Kali ini, mantan anggota DPR RI tersebut berkunjung RT 01 RW 03 Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, tepatnya di lokasi pemenang Lomba Lampu Hias Tingkat Kota Probolinggo.

Habib Hadi mengucapkan apresiasinya dan selamat kepada warga RT 01 RW 03 atas diraihnya juara pertama Lomba Lampu Hias Tingkat Kota Probolinggo. “Saya yakin warga disini pasti sangat menjaga kekompakan ya, karena tidak mungkin tanpa kekompakan bisa sesukses ini. Kekompakan antar warga adalah kunci keberhasilan kampung,” katanya disambut tepuk tangan meriah para undangan yang hadir.

Poin selanjutnya yang ditegaskan oleh Habib Hadi ialah agar warga di sekitar tempat tinggalnya membuat destinasi khas, seperti mengangkat kuliner dan berjualan di sepanjang tempat tinggal. “Karena kan ini sudah bagus ya kampungnya. Kalau bisa jangan cuman jadi tempat lewat saja. Coba dibuatkan usaha kuliner, jadi orang yang lewat juga menikmati jalanan yang bagus sekaligus menyantap kuliner yang dijual. Itu kan bisa mengangkat ekonomi warga sini, jadi perputaran keuangan warga bisa stabil dan meningkat,” harapnya.

BACA JUGA :
Disdukcapil Probolinggo Berikan Sosialisasi Tata Cara serta Persyaratan Penduduk dan Capil

Selain mengutarakan harapan dan potensi warga Kota Probolinggo, Habib Hadi juga juga memberikan kesempatan warga untuk menyampaikan uneg-unegnya selama ini. Seperti yang disampaikan oleh warga RT 1 RW 3 yang mengeluhkan banjir di jalan Sunan Muria tersebut setiap kali hujan. “Di sini banjir setiap hujan, Pak Wali, karena gorong-gorong yang kecil akhirnya air meluber ke Jalan Sunan Muria,” ucap warga RT 1 RW 3 tersebut.

Wali Kota pun langsung memberikan solusi menunjuk dinas terkait segera melihat gorong-gorong yang dimaksud dan menggantinya.

Ada pula warga Azizil dari RW 2 yang ingin mendapat dukungan dari Wali Kota Probolinggo karena dia beserta kawan-kawannya dari Forum Mahasiswa Wirausaha akan berangkat ke Jepang, Singapura, dan Malaysia pada 2 Agustus mendatang. Wali Kota pun dengan senang hati menunggu kehadiran Azizil dan kawan-kawan di rumah dinas.

BACA JUGA :
Walikota Probolinggo Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Kompas TV

Habib Hadi pun menjelaskan bahwa mustahil untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada warganya, apabila dirinya tidak terjun langsung menyapa warganya. “Tanpa adanya acara ini, mustahil untuk kita sebagai pemerintah tahu permasalahan yang sedang dihadapi warganya, kita akan carikan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu ketua RT 1 RW 3, Ratno Setyawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wali Kota Habib Hadi, “Terimakasih saya ucapkan kepada bapak Walikota yang langsung turun menerima keluhan masyarakat jd masyarakat merasa dekat dengan pimpinannya, merasa terayomi juga,” ucapnya.

Untuk persiapan Lomba Lampu Hias sendiri, Ratno bertutur bahwa warganya tidak menghabiskan biaya terlalu besar, “Untuk biaya Alhamdulillah tidak banyak, karena warga kebanyakan sudah punya lampu lampu hias lebih dari satu semua, jadi bisa menutupi tempat tempat kosong,” tuturnya.

BACA JUGA :
Bupati Baddrut Tamam Sarankan Taman GA Pamekasan Jadi Taman Edukasi

Pria yang juga berkarir di Kepolisian RI ini juga menjelaskan persiapan warganya juga tidak terlalu muluk-muluk karena warga sudah terbiasa setiap Bulan Agustus menghias lingkungan dengan tujuan menyemarakkan HUT RI. Ratno juga menambahkan bahwa menang kalah bukan tujuan.

“Alhamdulillah Pemkot Probolinggo yang mengadakan lomba lampu hias. Dengan berbagai ornamen dari daur ulang sampah plastik berpadu dengan permainan lampu yang kami buat cocok dengan selera juri dari pemerintah Kota sehingga Jalan.Sunan Muria RT 01 RW 03 mendapatkan juara 1 tingkat kota,” imbuhnya.

Ratno juga menerangkan keterlibatan warga dimulai dari rapat panitia HUT RI tepatnya 25 Mei 2023, dengan membentuk struktur kepanitiaan. Keesokan harinya, warga tanpa diminta langsung bekerja membuat ornamen ornamen. (*)
Pewarta : Sudarsono.

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.