Pemerintahan

KPU Jatim, Kirab Pemilu untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Bondowoso

×

KPU Jatim, Kirab Pemilu untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Bondowoso

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, BULETIN.CO.ID – 18 Bendera Partai Peserta Pemilu 2024 akhirnya tiba di Kabupaten Bondowoso, pada Minggu (17/9/2023).

Kirab Pemilu yang mengarak 18 bendera partai politik (Parpol), serta maskot Pemilu itu, diserah terimakan dari KPU Situbondo kepada KPU Bondowoso.

Seperti diketahui, kirab Pemilu 2024 dimulai sejak 14 Februari 2023 atau tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara. Kirab Pemilu, dilepas serentak kala itu di tujuh penjuru Indonesia.

Selanjutnya, secara estafet dari kabupaten/kota tempat dimulainya kirab itu secara bergiliran berestafet, sambung menyambung ,dan nanti akhirnya pada bulan November akan sampai di ibukota, sampai di kantor KPU Pusat.

BACA JUGA :
Pemko Padang Sidempuan Ajukan Aplikasi SALAK untuk Menilai PPD

Di Bondowoso sendiri, penyambutan kirab Pemilu berlangsung meriah di Alun-alun Ki Bagus Asra. Ragam tarian daerah dan modern, serta penampilan tarik suara para pelajar disuguhkan tepat di pelataran Monumen Gerbong Maut.

Pelepasan rombongan Kirab diarak dari Alun-alun Ki Bagus Asra menuju Kantor KPU Bondowoso. Seluruh komisioner KPU Bondowoso, menaiki kereta kencana, diikuti iring-iringan petugas Pemilu dari berbagai unsur, dan drumband.

BACA JUGA :
Bupati Tapsel Buka Poken Parbuko Adian Pardomuan Alun-Alun Sipirok

Ketua Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi, mengatakan, pelaksanaan kirab Pemilu ini untuk mensosialisasikan hari pemungutan suara. Sekaligus edukasi pemilihan pada masyarakat.

Karena Pemilu sendiri merupakan sarana integrasi bangsa.

“Perbedaan pemilihan itu wajar, tapi jangan sampai terjadi membuat disharmoni sasi sosial,” tuturnya.

Gogot Cahyo Baskoro, Komisioner KPU Provinsi Jawab Timur, mengatakan, dalam kasat mata ini yang dilihat adalah bendera partai politik peserta Pemilu.

Namun, sebenarnya yang dikirab ini adalah semangat untuk melaksanakan Pemilu yang Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) – Jujur dan Adil (JURDIL).

BACA JUGA :
Bupati Tapsel Dukung Rekrutmen Personil Komcad Matra Darat 2023

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” urainya.

Bupati Salwa Arifin, dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukukan di tengah tahapan Pemilu.

“Mudah-mudahan Pemilu bisa berjalan suksessukses. Ayo sukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.(Nang)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.