Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP ke-10 Kalinya

×

Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP ke-10 Kalinya

Sebarkan artikel ini

Kab Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Genap 10 kali berturut-turut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2022 tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi, CFrA, CSFA kepada Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jatim, Sidoarjo, Kamis (25/5/2023) sore.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina serta Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

BACA JUGA :
Ini pesan Habib Hadi dalam Bazar Pelayanan Majengan Probolinggo

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyampaikan opini WTP ke-10 yang diraih secara berturut-turut sejak 2013 itu merupakan sebuah prestasi penghargaan sekaligus tantangan besar yang harus selalu dipertahankan dan terus diraih.

“Dan Pemkab Probolinggo juga diapresiasi oleh BPK karena tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan 98,42 persen, tertinggi di Jawa Timur sampai dengan semester II tahun 2022,” katanya bangga.

Lebih lanjut Wabup Timbul mengaku bersyukur dan meraih penghargaan WTP ini merupakan prestasi bersama masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap Birokasi Kabupaten Probolinggo terus mampu untuk senantiasa mempertahankan prestasi ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :
Bupati Dolly Pasaribu Beberkan Beberapa Pencapaian Pemkab Tapsel

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengaku puas dan bangga atas kinerja Pemkab Probolinggo sehingga mampu terus mempertahankan opini WTP bahkan sampai 10 kali berturut-turut

Budaya opini WTP yang dimiliki Pemkab Probolinggo seperti ini disebut Andi bukanlah hal yang mudah. Pemkab Probolinggo harus mampu selalu menyajikan laporan keuangan secara profesional, akuntabel dan transparan sebagai alat pertanggungjawaban sehingga sesuai dengan harapan bersama.

“Selamat atas pencapaian opini WTP yang ke-10 kali bagi Kabupaten Probolinggo. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa meraihnya lagi. Dan untuk adanya temuan-temuan BPK wajib kita tindaklanjuti dan kita perbaiki bersama agar apa yang kita capai selama ini bisa terus kita pertahankan,” tandasnya.

BACA JUGA :
Pemkab Probolinggo dengan PT Amanah Teken Dokumen Perjanjian KSP Pengelolaan Rumah Dinas

Sedangkan Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi, CFrA, CSFA dalam sambutannya memberikan ucapan selamat serta mengapresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah yang telah meraih dan mempertahankan Opini WTP sehingga mampu meraihnya secara berturut-turut.

“Masih ada beberapa temuan yang harus diperhatikan dan terus diperbaiki. Terima kasih atas dukungan jajaran Pemerintah Daerah di Jawa Timur dengan memberikan data dan berkomunikasi yang baik dengan kami. Sehingga perjalanan pemeriksaan ini berjalan dengan lancar,” katanya. (*)
Pewarta : Sudarsono.

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.