Pemerintahan

Pemkab Tapsel Gelar Gerakan Pangan Murah

×

Pemkab Tapsel Gelar Gerakan Pangan Murah

Sebarkan artikel ini

Tapanuli Selatan, BULETIN.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel), melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) menggelar gerakan pangan murah (GPM) di Pasar Tradisional Kelurahan Huta Tonga, Kecamatan Angkola Muara Tais pada Kamis (24/8).

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu bersama jagoan kecilnya, Hasan Thariq yang hadir meninjau kegiatan Gerakan Pangan Murah tersebut, dan mengajak kepada masyarakat sekitar untuk berbelanja.

“Kita gelar Gerakan Pangan Murah, sebagaimana laporan masyarakat beberapa hari lalu yang menyatakan bahwa harga beras naik, maka kami segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk mencari solusinya agar harga tersebut kembali normal sehingga masyarakat khususnya yang berdomisili di Angkola Muara Tais sekitarnya dapat terbantu, untuk itu kepada masyarakat ayo, kita ramaikan pasar murah ini,” ajak Dolly.

Sementara, Kadis Ketapang Tapsel, Efrida Yanti Pakpahan menjelaskan Gerakan Pangan Murah ini bertujuan untuk menjaga stabilisasi harga pangan di Tapsel dan sekaligus merupakan program Nasional.

Di GPM ini kami menyajikan kebutuhan rumah tangga, seperti Beras, kita jual seharga Rp.48.000/5 Kg, Gula Pasir (Rp14.000/Kg), Minyak Makan (Rp14.000/Kg, Tepung Kanji (Rp8.000/Kg), Telur (Rp50.000/papan), Mie Lidi (Rp7.000/Bungkus) dan Mie Instant Gaga (Rp3.000 Bungkus), terang Efrida Yanti.

Efrida Yanti menambahkan, Gerakan Pangan Murah itu dilaksanakan hanya sehari saja, dengan syarat yang berdomisili warga Tapsel, untuk bisa berbelanja sepuasnya.

Sedangkan, Kepala Desa Sipangko Azan Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tapsel, melalui Dinas Ketahanan Pangan yang telah menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM).

“Terima kasih kepada Pak Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, yang begitu respon terhadap harapan masyarakat, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat kami,” ujarnya.

Adapun antusias masyarakat yang berbelanja mengungkapkan sangat bersyukur adanya gerakan pangan murah ditempat mereka, seperti halnya Khairani, mengaku sangat senang.

“Sangat murah sih menurutku seperti beras harganya 48 ribu/5 Kg, sementara dipasaran harganya 52-53 ribu per tabung (1 tabung=4 Kg), demikian gula disini 14 ribu dipasaran 16 ribu, minyak makan 14 ribu di pasaran 15 ribu, telor satu papan 50 ribu, dipasaran 53 ribu, mie kuning 7 ribu dipasaran 9 ribu,” ujarnya usai belanja di pasar murah tersebut.

Nurleli Siagian ibu rumah tangga warga Desa Sipangko menuturkan sangat senang, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tapsel dan Bupati Tapsel Dolly Pasaribu.

Menurut laporan Kadis Ketahanan Pangan Efrida Yanti Pakpahan menjelaskan, bahwa untuk penjualan gerakan pasar murah hari ini adalah sebagai berikut, Beras 2500 kg (500 karung dgn ukuran per karung 5 kg),
Telur 50 papan, Minyak 276 liter, Gula pasir 20 kg, Mi Gaga 40 bungkus. Sementara untuk beras awalnya kita bawa 200 karung, karena masyarakat sangat antusias akhirnya kami minta ke Bulog untuk menyiapkan 300 karung lagi dan gerakan pangan murah tadi kami tutup sekitar jam 13.00 WIB.

Kegiatan itu dihadiri Camat Angkola Muara Tais dan para lurah/kades se-Kecamatan Angkola Muara Tais. ( Andi Hakim Nasution)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!