Scroll untuk baca artikel
Daerah

Perketat Kemanan Siber, Diskominfo Gagas PamekasanKab-CSIRT, 

×

Perketat Kemanan Siber, Diskominfo Gagas PamekasanKab-CSIRT, 

Sebarkan artikel ini
Pamekasan
Foto : dok. dikominfo Kabupaten Pamekasan.

Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur meresmikan PamekasanKab-CSIRT (Computer Security Incident Response Team) dan sosialisasi tanggap insider siber di Ball Room salah satu Hotel, Pamekasan, Kamis (09/11/2023).

Kepala Diskominfo Pamekasan, Nur Hidajatul Firdaus dalam sambutannya mengatakan, Computer Security Incident Response Team (CSIRT) adalah tim yang menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber pada suatu wilayah yang bertanggung jawab atas penerimaan, pemantauan dan penanganan laporan dan aktivitas insiden keamanan siber.

BACA JUGA :
Satpol PP Kabupaten Pamekasan Gencarkan Siroleg untuk Berantas Rokok Ilegal 

“Tim CSIRT akan bertanggung jawab penuh untuk memonitor dan mengelola berbagai isu-isu terkait dengan keamanan internet untuk menjaga aset informasi dan komunikasi dari seluruh unit-unit aktifitas organisasi” katanya.

Selain itu, pihaknya akan berupaya maksimal dalam memberikan layanan keamanan siber kepada masyarakat menghadapi ancaman serta penanganannya. 

Adapun tujuan PamekasanKab-CSIRT dibentuk yaitu dalam rangka mengantispasi meningkatnya jumlah insiden serangan keamanan informasi di daerahnya.

BACA JUGA :
Disdikbud Kabupaten Pamekasan Perkenalkan Hasil Kajian Koleksi Museum Mandhilaras, Melalui Seminar 

“Adanya PamekasanKab-CSIRT ini dapat terwujud pelayanan keamanan dan ketahanan siber yang responsive dan professional dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan” tandasnya.

Pihaknya juga akan membangun, mengkoordinasikan, mengkolaborasikan dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

“Kemudian membangun kerja sama dan berbagi informasi dengan CSIRT atau organisasi lainnya dalam lingkup keamanan siber dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan” pungkasnya.

BACA JUGA :
Tak Jera, Satpol PP dan Damkar Pamekasan Kembali Tertibkan PKL yang Tetap Gelar Lapaknya di Bahu Jalan

Diketahui, launching tersebut diikuti pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan perwakilan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan. (WF)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.