Pemerintahan

Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Pemkot Probolinggo Gelar Rakor Penguatan Linmas

×

Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Pemkot Probolinggo Gelar Rakor Penguatan Linmas

Sebarkan artikel ini

Kota Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Probolinggo, Senin (17/7) pagi gelar rapat koordinasi dan penguatan untuk Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat). Rakor yang dihadiri oleh segenap camat, lurah serta perwakilan anggota satlinmas se-kota itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin di Gedung Puri Manggala Bakti.

Membuka sambutan, Habib Hadi menyampaikan pentingnya kegiatan rakor ini sebagai langkah awal kesiapan penyelenggaraan pemilu yang aman dan tenteram.

“Kegiatan ini sangatlah penting untuk menjadikan suatu langkah awal kesiapan dan pemahaman bagi semua untuk kiranya bisa bersatu padu di dalam melaksanakan pemilu di tahun 2024 betul-betul dirasakan kententeraman dan keamanannya,” terang Wali Kota Probolinggo itu.

BACA JUGA :
Walikota Probolinggo Tekankan Mutu dan Kualitas Produk dalam Audiensi bersama UMKM

Untuk mendukung kerja satlinmas dalam pengamanan penyelenggaraan pemilu, wali kota juga berjanji akan memberikan dukungan berupa sarana prasarana. Salah satunya adalah pemberian seragam baru.

“Ïnsya Allah di perubahan ini saya ingin melihat wajah-wajah linmas dengan seragam yang baru, gagah, insya Allah kita penuhi,” kata wali kota yang baru saja memperoleh gelar doktor bidang ilmu lingkungan.

Masih di kesempatan yang sama, orang nomor satu di Kota Probolinggo itu juga memberikan himbauan agar para satlinmas tidak terpengaruh dengan berita-berita hoax. Serta tetap berkoordinasi dengan lintas sektor lainnya untuk mendeteksi konflik dan meminimalisir perpecahan.

BACA JUGA :
Cabuli Muridnya, Polres Probolinggo Kota Tangkap Pelatih Ekstrakurikuler Pencak Silat

“Sudah ada namanya polisi RW sehingga nanti linmas, RT, RW semua LKK di kelurahan itu harus betul-betul bisa mendeteksi potensi-potensi konflik, potensi-potensi perpecahan yang ada di lingkungan masing-masing,” pesan Habib Hadi.

Rakor yang juga diikuti oleh kasi pemerintahan di kelurahan serta kasi ketentraman dan ketertiban di kecamatan itu, diisi dengan dua materi penguatan.

Materi pertama adalah pemetaan persiapan rekrutmen linmas dalam rangka persiapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 yang disampaikan oleh Kepala Satpol PP Pujo Agung Satrio.

Berikutnya, peran Satpol PP dalam membentuk standarisasi penyelenggaraan linmas dan indeks manajemen penyelenggaraan linmas kelurahan oleh Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran setempat Abdul Kholiq.

BACA JUGA :
Polres Probolinggo Tetapkan Satu Tersangka Kebakaran Bukit Teletubbies Kawasan TNBTS

Selain pengadaan sarpras pendukung, Kasatpol PP Pujo juga mengusulkan untuk melakukan penambahan anggota linmas cadangan serta pemberian bimbingan teknis dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024.

“Kemudian juga kami mengusulkan adanya peningkatan kapasitas atau bimbingan teknis pengamanan pemilu bagi anggota satlinmas baru, kami rencanakan nanti bulan November 2023” terang Kasatpol PP yang mengusung semangat “Linmas Pasti Bisa!” itu.

Juga hadir bersama wali kota, yakni sekretaris daerah drg. Ninik Ira Wibawati. (*)
Pewarta : Sudarsono.

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.