web tracker
Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Perumdam Tirta Darma Ayu dan PT KPI RU VI Balongan Jalin Kerjasama, Bupati Nina : Ini Langkah yang Baik

Indramayu, BULETIN.CO.ID – Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina., SH., MH., CRA., turut menyaksikan acara penandatanganan kerjasama antara Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu dengan PT. Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra, Indramayu, Kamis (15/12/2022).

Selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumdam Tirta Darma Ayu, Bupati Nina memberikan apresiasi atas adanya kerjasama antara BUMN dan BUMD tersebut.

“Kegiatan pada hari ini merupakan salah satu wujud kolaborasi antara BUMN dan BUMD dalam kerjasama sistem penyediaan air minum yang merupakan langkah strategis dalam mendukung bussines sustainability antara kedua badan usaha,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan.

Adapun kerjasama yang dilakukan yaitu kerjasama jual beli air bersih yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian oleh General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian dengan Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan.

Baca Juga:  Lagi, Kapolresta Deli Serdang Cek Lokasi Banjir dan Pendirian Posko Serta Bagi Sembako

Menurut Bupati Nina, kerjasama jual beli air bersih ini juga turut memiliki benefit, di antaranya meningkatkan pendapatan penjualan air Perumdam Tirta Darma Ayu setiap bulannya, menambah mitra strategis BUMN sebagai solusi pelapis agency problem, dan meningkatkan profesionalisme pelayanan air minum utamanya tuntutan kerberlangsungan kualitas pelayanan air minum.

“Sinergi ini semoga tetap terjaga dan semakin meningkat menuju Indramayu yang lebih baik dan bermartabat”, ungkap Bupati Nina

Baca Juga:  Kapolres Dairi Beserta Pamatwil Polda Sumut Cek Kesiapan Pos Pengamanam Ops Lilin Toba

Sementara itu, Diandoro Arifian menyampaikan, sebelumnya kebutuhan air untuk area Kilang Pertamina Balongan dan komplek perumahan disupplay melalui unit Utilities milik RU VI di Salamdarma Subang yang berjarak sekitar 60 KM.

Namun, tambahnya, dengan kerja sama ini, kini kebutuhan air untuk area perumahan telah disupplay dari Perumdam Tirta Darma Ayu, sedangkan untuk kebutuhan operasional Kilang tetap melalui Unit Utilities di Salamdarma Subang

“Kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung bisnis sustainability Pertamina maupun Perumdam Tirta Darma Ayu”, tegas Diandoro.

Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan air baku yang dialirkan untuk PT KPI Unit Balongan berasal dari Kuningan yang memiliki kualitas air yang bersih.

Baca Juga:  Total 6 Orang Warga Probolinggo Yang Jadi Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

“Jadi karena sumber air baku dari Kuningan ini sumbernya sudah bersih, maka akan minim pengolahan, tinggal sedikit treatment sederhana dan bisa digunakan”, kata Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan.

Pada tahap pertama implementasi kerjasama ini, Perumahan Pertamina Bumi Patra akan mendapat pasokan air bersih sebesar 20 meter kubik perjam, dan akan mengalami peningkatan pada kuartal satu tahun 2023 nanti menjadi 70 meter kubik perjam. (Dais)

Share: