Organisasi

Raden Mas Bono Ketuai IJTI Korda Banyuwangi Periode 2022- 2025

×

Raden Mas Bono Ketuai IJTI Korda Banyuwangi Periode 2022- 2025

Sebarkan artikel ini

Banyuwangi, BULETTIN.CO.ID – Dewan Pendiri Komunitas Jurnalis Banyuwangi Selatan (JBS), Syamsul Arifin dipercaya menjadi Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Koordinator Daerah Banyuwangi (IJTI Korda Banyuwangi), Jawa Timur, periode 2022-2025. Keputusan tersebut tercetus dalam Musyawarah Koordinator Daerah (Muskorda) IJTI Banyuwangi, yang digelar di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu malam lalu (29/10/2022).

Agenda sakral ini sekaligus menjadi tonggak sejarah lahirnya kepengurusan IJTI yang mandiri di Bumi Blambangan. Acara diikuti kalangan jurnalis televisi. Mereka berasal dari sejumlah stasiun televisi dengan wilayah peliputan di Banyuwangi. Seperti kru JTV Banyuwangi, Banyuwangi 1 TV, kontributor Kompas TV, SCTV, Indosiar, CNN TV, Trans TV, Trans 7, TV One, MNC TV, RCTI, iNews TV, AN TV, G TV, NET TV, TIMES TV dan RTV.

Muskorda I IJTI Banyuwangi, dipimpin langsung oleh jajaran pengurus IJTI Korda Tapal Kuda, Jawa Timur. Mengingat sebelumnya organisasi pers IJTI di Banyuwangi, masih sebatas Kelompok Kerja (Pokja). Alias dibawah naungan IJTI Korda Tapal Kuda, Jawa Timur.

“Muskorda I IJTI Banyuwangi ini adalah momentum bersejarah. Yakni momentum lahirnya IJTI Korda Banyuwangi. Dimana IJTI di Banyuwangi, resmi menjadi kepengurusan mandiri, lepas dari IJTI Korda Tapal Kuda. Selamat teman-teman IJTI di Banyuwangi,” ucap Ketua Panitia Muskorda I IJTI Banyuwangi, Mahfud Sunarji, Senin (31/10/2022).

Syamsul Arifin atau yang akrab disapa Mas Bono, dari TIMES TV, TIMES Indonesia Network (TIN), dipilih secara aklamasi. Berdasar hasil diskusi yang dipimpin oleh Dewan Pembina IJTI Banyuwangi, Iqbal Mustika, Kepala Biro JTV Banyuwangi. Serta pertimbangan dari Sidik Bintoro, senior IJTI sekaligus pimpinan Banyuwangi 1 TV. Dan atas persetujuan dari seluruh jurnalis TV di Banyuwangi, yang telah terdaftar menjadi anggota IJTI.

“Terima kasih atas kepercayaan Bapak Dewan Pembina kami, senior kami serta rekan-rekan IJTI Banyuwangi semua. Semoga kekompakan, kebersamaan dan hubungan kekeluargaan yang terus terjalin akan makin mengibarkan serta mengharumkan nama IJTI di Banyuwangi,” kata Mas Bono.

Sebagai tindaklanjut, dalam waktu dekat pihaknya mengaku akan segera menggelar Rapat Kerja (Raker). Dengan begitu diharapkan roda organisasi bisa berjalan dengan baik, sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Terkait visi dan misi, lanjutnya, tentunya akan menyesuaikan dengan misi IJTI. Yakni mewujudkan masyarakat madani melalui kemerdekaan pers yang mendidik, mencerdaskan dan bertanggung jawab. Serta misi IJTI, meliputi, mewujudkan korp jurnalis televisi Indonesia yang mandiri, bebas dan bertanggung jawab. Mewujudkan jurnalis televisi yang memiliki kemampuan profesional, serta kesetiakawanan profesi dan hidup dalam kesejahteraan jasmani dan rohaniah. Dan merawat dan mengembangkan profesionalisme jurnalis televisi.

“Untuk program kerja utama, yang merupakan turunan dari visi dan misi IJTI, maka kami di Banyuwangi, akan mengusung sebuah gerakan yang kami beri nama ‘Juru Dakwah Jurnalistik’,” bebernya.

Ketua IJTI Korda Tapal Kuda, Jawa Timur, Tommy Iskandar, mengucapkan selamat atas terbentuknya IJTI Korda Banyuwangi. Kontributor Indosiar Jember ini berharap pengurus baru IJTI di Banyuwangi mampu membesarkan sera mengharumkan nama organisasi.

“Melihat sumberdaya dalam kepengurusan IJTI Korda Banyuwangi, kami yakin nama IJTI akan semakin besar,” katanya.

Ketua Umum IJTI Pusat, Herik Kurniawan, melalui Ketua Bidang Organisasi, M Jazuli, berharap IJTI Korda Banyuwangi, mampu menjadi pioner jurnalis yang profesional. Pentolan iNews TV ini juga meminta jajaran pengurus dan anggota IJTI Korda Banyuwangi, mampu menjadi pelopor jurnalisme positif dari ujung timur pulau Jawa.

“Kami yakin IJTI Korda Banyuwangi, akan tumbuh menjadi Korda IJTI yang diperhitungkan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, berharap IJTI Korda Banyuwangi, terus menjadi mitra yang baik dalam mensukseskan pembangunan daerah. Terus mengkampanyekan jurnalisme positif demi mengangkat seluruh potensi kabupaten ujung timur pulau Jawa.

“Sukses terus untuk rekan-rekan IJTI Banyuwangi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Muskorda I IJTI Banyuwangi, yang dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022, juga diisi sejumlah rangkaian kegiatan. Salah satunya, Diskusi Media Sosial dengan tema ‘Membangun Banyuwangi Melalui Positif Konten’, yang digelar di aula Minakjinggo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan Sekretaris IJTI Korda Tapal Kuda, Jawa Timur, Tommy Iskandar dan Mahfud Sunarji. Perwakilan IJTI Pengurus Daerah Jawa Timur, Ari Kumbang. Serta Ketua Bidang Organisasi IJTI Pusat, M Jazuli. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Polresta Banyuwangi dan Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal Banyuwangi. Termasuk perwakilan ormas dan kepala desa. Tak ketinggalan sejumlah jurnalis TV dari kabupaten tetangga dan seluruh jurnalis TV di Banyuwangi.

Berikut ini adalah susunan pengurus IJTI Korda Banyuwangi, periode 2022-2025 :

Ketua : Syamsul Arifin
Wakil Ketua : Happi Oktavia
Sekretaris : Handoko
Wakil Sekretaris : Fajar Raka Bimantara
Bendahara : Emana Theodora
Wakil Bendahara : Arif Hidayat

Koordinator Bidang Organisasi :
Chofi Zamani
Novan Charis

Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi :
Aris Hari Utomo
Abdul Aziz

Koordinator Bidang Kesejahteraan :
Moh. Slamet Hariyadi
Muhammad Iskandar Muda

Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga :
Enot Sugiharto
Syaiful Eksan

Koordinator Bidang Kompetensi :
Taufik Ferdiansyah
Dhani Eka
Abd. Rosid (Hari)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!