Scroll untuk baca artikel
Pemerintahan

Tingkatkan Hasil Produksi Getah Pinus, Asper Wonosari Gencar Lakukan Sosialisasi

×

Tingkatkan Hasil Produksi Getah Pinus, Asper Wonosari Gencar Lakukan Sosialisasi

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, BULETIN.CO.ID – Memasuki musim kemarau dan menjelang rencana monitoring dan evaluasi (Monev) pekerjaan oleh Magaement Perhutani pada semester I tahun 2023.

Jajaran Perhutani BKPH Wonosari KPH Bondowoso semakin gencar melaksanakan Pengawalan dan Pengawasan seluruh bidang pekerjaan yang sudah mendapatkan pengesahan dalam Rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) tahun 2023 dengan cara melakukan pendekatan, sosialisasi sekaligus pembinaan pada masyarakat yang tergabung dalam wadah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diwilayah kerjanya.

Bertempat di Masjid Al Barokah Desa Gunosari kecamatan Tlogosari, Sugianto Asper KBKPH Wonosari, Rudi Setiawarman KRPH Kembang beserta jajaran melaksanakan pembinaan dan sosialisasi dalam upaya pemahaman target serta peningkatan produksi getah pinus bidang sadapan kepada pengurus dan anggota LMDH Sumbersari Jaya, Selasa (30/05/2023).

BACA JUGA :
Dua Pasangan Bukan Suami Istri, Terjaring Razia Sedang Berduaan di Kamar Hotel Kinanti Bondowoso

Dalam acara pembinaan yang dihadiri oleh 60 orang anggota LMDH tersebut, Sugianto memparkan bahwa di LMDH Sumbersari Jaya itu terdapat 40 anak petak bidang sadapan seluas 353,60 ha dengan target produksi yang harus dicapai pada tahun 2023 sebesar 156.372 Kg, realisasi produksi sampai dengan periode I Mei baru tercapai 53.647 kg atau sebesar 34,3 %.

” Sesuai Normal produk scedul (Nps) harus mencapai 36 % atasu sebesar 56.294 Kg yang artinya masih tertinggal 1,7 % atau setaraa dengan 2.647 kg, untuk mengejar ketertinggalan tersebut tentunya dibutuhkan upaya maksimal dari seluruh pekerja bidang sadapan, untuk itu, kami berharap ada peran aktif dari pengurus LMDH Sumbersari Jaya,” jelasnya.

BACA JUGA :
BPNT Mulai Disalurkan Kembali,Warga Karangsari Senang

Menyinggung rencana pemilihan Ketua dan Pengurus LMDH untuk masa bhakti pada periode tahun 2023-2028 pria asli Banyuwangi ini berharap agar mekanisme dilaksanakan secara jujur,adil dan demokratis serta sesuai dengan keinginan anggota.

” Saya pastikan bahwa Perhutani tidak akan melakukan intervensi serta siap berkolaborasi dengan pengurus baru yang nantinya dipilih oleh anggota,”

Mengakhiri pengarahannya sugianto menekankan pentingnya membangun sinergitas dan kekompakan bersama dalam rangka mengawal seluruh target pekerjaan serta meningkatkan keamanan hutan dan antisipasi dini dari Pencurian,perambahan dan kebakaran hutan.

BACA JUGA :
Jelang Pemilu 2024, KPU Bondowoso Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Ditempat yang sama Dian Nurullah Kepala Desa Gunosari yang juga hadir dalam acara tersebut, meyakini sosok Buyono sangat mampu untuk memimpin LMDH Sumbersari Jaya.

” Saya sangat mendukung dan apresiasi atas terpilihnya Pak Buyono sebagai ketua yang baru, karena yang bersangkutan memang sangat layak untuk jabatan itu. saya yakin Pak Buyono mampu memimpin organisasi dan bisa memberikan kesejahteraan kepada anggotanya,mengingat selama ini dirinya sangat dekat dengan seluruh anggota sangat familier dan berperan aktif dalam kelembagaan, “. Pungkasnya.(Nang)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.