Scroll untuk baca artikel
Berita

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintah Kota Malang Gelar Rapat Evaluasi

×

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintah Kota Malang Gelar Rapat Evaluasi

Sebarkan artikel ini
Foto : Kabag Organisasi Setda Kota Malang Boedi Utomo (tengah) saat membuka acara di hotel Savana Malang.

Malang, BULETIN.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, melalui organisasi Sekretaris Daerah (Setda) Kota Malang, melaksanakan kegiatan penilaian mandiri tingkat kematangan bagi perangkat daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Savana tepatnya di jalan Letjen Sutoyo No. 30, RW 34, Rampal Claket, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Turut hadir seluruh seluruh perwakilan Perangkat Daerah, UPT, serta bagian Setda Kota Malang, dengan Pendampingan Tim dari Bagian Organisasi Setda kota Malang, Inspektorat Daerah dan Bappeda.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Malang, Boedi Utomo. Dalam sambutannya Budi mengatakan bahwa kegiatan penilaian mandiri tingkat kematangan bagi perangkat daerah sesuai dengan Ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 99 Tahun 2018.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan dan kesiapan setiap perangkat daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien,” ucapnya. Kamis (25/7/2024).

“Kami juga berharap penilaian ini dapat memberikan gambaran jelas mengenai tingkat kematangan perangkat daerah pemerintah kota malang,” imbuhnya.

Menurut Budi, untuk proses penilaian mandiri ini terdiri dari beberapa langkah mulai dari pengisian data dukung, diskusi dengan anggota tim evaluasi kelembagaan hingga evaluasi hasil, setiap perangkat daerah.

Setiap Daerah diminta untuk memberikan data dukung, berdasarkan kriteria yang ditentukan yang meliputi aspek perencanaan monitoring dan pengendalian, penjaminan mutu layanan, SOP, pendidikan dan pelatihan, manajemen sumber daya, manajemen resiko, pengukuran kinerja, pengembangan inovasi dan budaya organisasi. Hal itu diharapkan dapat menggali potensi dan saran perbaikan, sekaligus mengidentifikasi area atau variabel yang perlu diperbaiki.

“Setelah proses penilaian selesai akan ada sesi umpan balik yang mana masing masing perangkat daerah dapat melihat nilai di berita acara desk. Diskusi ini diharapkan dapat memicu kolaborasi dan evaluasi perangkat daerah, serta menciptakan sinergi dalam menciptakan kinerja Pemkot Malang,” terangnya.

Selain itu, Lanjut budi,  kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang lebih baik, transparan dan akuntabel. Dengan begitu harapan bagian organisasi adalah dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik demi masyarakat Kota Malang yang lebih baik,” Pungkasnya.(Irfan BP)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.