Scroll untuk baca artikel
News

Demi Mendapatkan Kualitas Aspal Yang Baik, Ini Yang Dilakukan Dinas BSBK Bondowoso

×

Demi Mendapatkan Kualitas Aspal Yang Baik, Ini Yang Dilakukan Dinas BSBK Bondowoso

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Bondowoso
Pj Bupati Bondowoso bersama Plt Kadis BSBK saat melakukan monitoring trial AMP, selasa, 11/06/2024.(Dok: Nang/Buletin)

Bondowoso, BULETIN.CO.ID – Untuk mengetahui kualitas aspal yang baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Dinas Binamarga Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (BSBK), melakukan uji coba (Trial) AMP pembangunan infrastruktur jalan.

Trial pengaspalan jalan dilakukan di Jalan Raya Pakisan, yaitu jalan yang penghubung antara Kecamatan Pujer dengan Kecamatan Tlogosari, Bondowoso.

Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto dan Pj Sekda Haeriyah Yuliati meninjau langsung uji coba pengaspalan tersebut, Selasa (11/6/2024). Pj Bupati memantau proses pengerjaan dan mengecek langsung kualitas serta ketebalan aspal.

BACA JUGA :
Melihat Jalan Rusak, Ini Yang Dilakukan Pj Bupati Bondowoso

Menurutnya, uji coba pengaspalan tersebut dilakukan di Jalan Raya Pakisan karena banyak titik yang rusak dan berlubang besar yang mengganggu pengendara. “Sehingga saya memilih di sini sebagai tempat trial,” kata Pj Bupati Bondowoso saat dikonfirmasi.

Ia juga mengungkapkan, titik untuk pembangunan infrastruktur jalan tahun 2024 sudah ditentukan. Diantaranya di Pujer dan Tlogosari. “InsyaAllah dalam waktu dekat akan segera dilaunching,” imbuh dia.

Trial ini menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur jalan di Bondowoso akan segera dimulai. Termasuk pengaspalan di depan Puskesmas Tamanan juga akan segera dikerjakan. Sementara tonase untuk trial di Jalan Raya Pakisan mencapai 60 ton AMP (Asphalt Mixing Plant), dengan lebar jalan 4,5 meter dan panjang 80 meter.

BACA JUGA :
Kades Wainyapu Angkat Bicara Terkait Tudingan Dugaan Salah Gunakan Dana Desa

“Alhamdulillah ada tiga AMP, yang lain belum mendaftar lagi dan ini untuk masyarakat,” imbuh dia.

Ia berkomitmen serapan anggaran di sejumlah OPD di Bondowoso akan terus digenjot. Bahkan pihaknya menargetkan serapan anggaran BSBK mencapai 45 persen akhir Juli 2024 nanti.

BACA JUGA :
Mendapat Laporan Warga, Pj Bupati Bondowoso Tinjau Langsung Jembatan Yang Ambrol

“Makanya sekarang dikebut. Seumpama Plt-nya ini ndak bisa menggenjot ya kita evaluasi lagi,” kata Pj Bupati sembari tersenyum.

Ditambahkan Plt Kepala BSBK Bondowoso, Ansori, trial kali ini untuk menguji kualitas aspal dan kemungkinan ada beberapa titik untuk uji coba ini. “Ada beberapa lokasi, dan AMP-nya dari luar semua. Kalau Bondowoso ada ngapain pakai luar daerah,” kata dia. (Nang)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.