Scroll untuk baca artikel
Daerah

Dinsos Pamekasan Pastikan Gizi untuk Program Bantuan Makan Lansia Terjamin

×

Dinsos Pamekasan Pastikan Gizi untuk Program Bantuan Makan Lansia Terjamin

Sebarkan artikel ini
Pamekasan
Foto : Petugas Dinsos Pamekasan saat menyerahkan makanan gratis kepada penerima manfaat.

Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur memastikan bantuan makanan untuk para lanjut usia (lansia) gizinya terjamin sesuai dengan rekomendasi tim kesehatan dari dinas kesehatan (dinkes) setempat.

Program simpati lansia dengan memberikan bantuan makan dua kali sehari kepada lansia sebatang kara itu sampai saat ini dapat dinikmati oleh masyarakat. Pada tahun 2023, tercatat ada 412 lansia yang mendapatkan bantuan tersebut.

“Ini merupakan salah satu program prioritas untuk memberikan jaminan kesehatan kepada para lansia dengan memberikan makan dua kali sehari, tentu dengan menu yang direkomendasikan dari dinas kesehatan” ujar Kepala Dinsos Pamekasan, Herman Hidayat, Kamis (14/12/2023).

BACA JUGA :
Pemda Taliabu Gelar Sosialisasi Lomba Cipta Menu B2SA oleh Dinas Ketahanan Pangan

Menurutnya, bantuan makanan itu untuk memenuhi kebutuhan dasar lansia sebagai wujud komitmen Pemkab Pamekasan memberikan perlindungan kepada lansia tidak produktif dan hidup sebatangkara sesuai dengan kategori yang telah ditentukan.

Pihaknya melakukan monitoring secara berkala kepada penerima untuk memastikan bantuan sesuai dengan ketentuan. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Pamekasan memberikan perhatian kepada masyarakat pra sejahtera dengan memastikan asupan gizinya terjaga.

BACA JUGA :
Pemkab Pamekasan Resmi Teken MoU dengan Universitas Trunojoyo Madura

“Kami mengontrol secara langsung ke bawah dan berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk memastikan kelayakan bantuan dan unsur gizinya. Tidak hanya itu, kami juga mengontrol kelayakan tempat tinggalnya” tambah dia.

Dia menjelaskan, sejauh ini tercatat ada 20 orang lansia yang dikeluarkan karena mengundurkan diri dari bantuan tersebut. Baik meninggal dunia atau karena sudah ada famili yang ingin mengurusi. Sebab, bantuan itu untuk lansia di atas 60 tahun hidup sebatang kara, bersama orang yang tidak produktif, tentu mereka yang masuk kategori pra sejahtera.

BACA JUGA :
Warnai HUT RI ke-78, Pamkab Pamekasan Gelar Lomba Gerak Jalan

“Makanya kami lakukan monitoring langsung untuk memastikan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang diberikan. Sehingga, cita-cita pemkab memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan harapan” pungkasnya.(WF)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.