Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Implementasi “Laudato Si” oleh Mahasiswa Agribisnis Universitas Katolik Widya Karya

×

Implementasi “Laudato Si” oleh Mahasiswa Agribisnis Universitas Katolik Widya Karya

Sebarkan artikel ini

Universitas Katolik Widya Karya berkomitmen menciptakan profesional agribisnis yang unggul, dan juga pada pembentukan karakter dan sikap tanggung jawab sosial mahasiswa

Image

Universitas Katolik Widya Karya mengambil peran aktif dalam membentuk mahasiswa agribisnis menjadi sosok yang memiliki dampak positif tidak hanya di bidang akademis, tetapi juga dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Dalam upayanya menciptakan lingkungan belajar yang menyeluruh, universitas ini mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam kurikulum agribisnis, memberikan landasan yang kokoh bagi mahasiswa untuk memahami dan merespons tantangan lingkungan global.

Komitmen Universitas Katolik Widya Karya tidak hanya terletak pada menciptakan profesional agribisnis yang unggul, tetapi juga pada pembentukan karakter dan sikap tanggung jawab sosial mahasiswa. Pendidikan mereka tidak hanya tentang peningkatan kapasitas individu, tetapi juga mengenai bagaimana kontribusi mereka dapat memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

BACA JUGA :
AnyMind Group merilis laporan “The Southeast Asian E-Commerce Landscape 2024”

Pemahaman Mendalam akan Ajaran “Laudato Si”

Image

Mahasiswa agribisnis Universitas Katolik Widya Karya mendalami ajaran “Laudato Si” yang diterbitkan oleh Paus Fransiskus pada tahun 2015. Mahasiswa  mendalami ajaran ini bukan hanya menyuarakan keprihatinan terhadap isu-isu lingkungan, tetapi juga menjadi panggilan moral untuk bertanggung jawab terhadap penciptaan Tuhan.

Mereka menafsirkan “Laudato Si” bukan hanya sebagai dokumen penyampaian keprihatinan terhadap tantangan ekologis, melainkan sebagai panggilan moral yang menggugah kesadaran akan peran manusia dalam menjaga harmoni antara alam dan penciptaan Tuhan. Pemahaman mereka mencakup konsep keberlanjutan sebagai nilai moral, dan bukan sekadar sebagai strategi lingkungan yang dapat diterapkan.

Melibatkan Diri dalam Aksi Nyata

Mahasiswa agribisnis Universitas Katolik Widya Karya tidak hanya meningkatkan wawasan diri pada pemahaman teoritis, tetapi juga mengintegrasikan pengetahuan mereka ke dalam tindakan nyata. Dalam langkah konkret menuju keberlanjutan, mereka terlibat aktif dalam pelestarian alam yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar kampus.

BACA JUGA :
AnyMind Group terpilih di kelas 2024 Endeavor Outliers

Dengan menerapkan konsep-konsep yang mereka pelajari dari kurikulum studi, mahasiswa agribisnis ini berperan sebagai agen perubahan dalam melindungi lingkungan. Mereka tidak hanya menjadi pengamat, melainkan pelaku yang proaktif dalam menciptakan solusi konkret yang dimulai dengan langkah kecil penghijauan area kampus.

Edukasi Lingkungan: Menyebarkan Kesadaran kepada Mahasiswa Lain

Image

Bukan hanya terbatas pada praktek-praktek langsung, mahasiswa agribisnis juga berperan sebagai agen perubahan sosial dengan menyebarkan kesadaran lingkungan kepada mahasiswa lainnya. Melalui kegiatan ini, mereka berusaha membentuk pola pikir yang peduli terhadap alam dan menjadikan keberlanjutan sebagai bagian dari gaya hidup.

Melalui serangkaian kegiatan edukasi lingkungan ini, mahasiswa agribisnis Universitas Katolik Widya Karya membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melalui inisiatif yang mendorong perubahan sikap dan tindakan positif terhadap lingkungan di lingkungan kampus.

BACA JUGA :
Perhatian untuk seluruh Komunitas Game Asia Tenggara: JACK IT mempersembahkan sebuah kompetisi, "TOURNAMENTS OF TOURNAMENT" dengan total hadiah $40,000

Kesimpulan

Dengan mengimplementasikan ajaran “Laudato Si,” mahasiswa agribisnis Universitas Katolik Widya Karya bukan hanya menjadi pelaku perubahan dalam bidang agribisnis, tetapi juga pionir dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kesadaran mereka tentang tanggung jawab etika terhadap alam dan makhluk hidup tercermin dalam tindakan nyata yang membawa perubahan positif. Sebagai mahasiswa yang memahami pentingnya keberlanjutan, mereka menjadi teladan bagi generasi mendatang dalam menjaga kelestarian lingkungan.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES