Kemeriahan Hari Santri Nasional Kabupaten Cianjur, Ribuan Santri Turun ke Jalan

banner 468x60

Cianjur, BULETIN.CO.ID – Di perkirakan kurang lebih 10 Ribu Santri dan Santriawati dari puluhan Pondok Pesantren yang ada di Cianjur memadati jalur pawai dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2022 di Cianjur. Sabtu ( 22/10/2022).

Pawai yang di lepas Bupati Cianjur H.Herman Suherman dari lapangan Perwatasari Joglo, selanjutnya melintasi jalan Siliwangi, Cimaya, Pasarean, lalu belok kanan menuju Suge dan Finis di Alun – alun Utara.

Masyarakat yang memadati sepanjang jalan menyambutnya dengan suka cita, sebelumnya secara resmi Upacara Hari Santri Nasional di gelar di lapangan Pendopo Cianjur yang di ikuti para Kepala Dinas, perwakilan Organisasi Islam, dan perwakilan Pesantren sedangkan yang duduk di podium kehormatan nampak jajaran Forkopimda, Ketua MUI KH Aang Abdul Rauf dan Ulama – ulama lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Cianjur membacakan sambutan Mentri Agama RI menyatakan besarnya peran Ulama dan Santri dalam perjuangan fisik dalam meraih kemerdekaan Tanah air dan berperan besar dalam peristiwa – peristiwa heroik salah satu nya peristiwa 10 Nopember di Surabaya puluhan tahun silam.

” Hal tersebut berawal tatkala Persiden Sukarno meminta fatwa Jihad kepada KH Hasyim Ashari pendiri NU, lalu KH Hasyim Ashari mengeluarkan fatwa berjudul ” Resulusi Jihad ” yang isinya mengajak seluruh Ulama dan Santri berjihad mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan RI, Resulusi itu di umumkan tanggal 22 Oktober 1945 yang jadi landasan Peringatan Hari Santri Nasional yang setiap Tahun kita peringati.” Ungkap Bupati.

” Oleh karenanya semangat Nasionalisme dan heroisme para Ulama dan Santri pejuang dahulu harus senantiasa terwariskan pada generasi sekarang serta di amalkan dengan berperan aktif membangun daerah, utamanya memajukan Pendidikan Pesantren.” Kata Bupati.

( Rhoestama )

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
error: Content is protected !!