Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Kolaborasi Strategis Plugo dengan Revolusi Lokal untuk Dukung UMKM Lokal Optimalkan Bisnis

×

Kolaborasi Strategis Plugo dengan Revolusi Lokal untuk Dukung UMKM Lokal Optimalkan Bisnis

Sebarkan artikel ini

Plugo dan Revolusi Lokal jalin kerja sama dalam bentuk event komunitas berkelanjutan untuk UMKM dan brand lokal.

Penyerahan plakat sebagai simbol kerja sama dari Izki Aldrin Iswarna (Direktur Plugo Indonesia) kepada Raymond Chin (Inisiator Revolusi Lokal)

Pada Rabu, 30 April 2024, Plugo resmi memulai kolaborasi strategis pertamanya bersama Revolusi Lokal sebagai langkah penting untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal di Indonesia.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk mengoptimalkan lanskap bisnis lokal. Mengakui potensi besar brand lokal atau UMKM lokal di Indonesia, Plugo bersama Revolusi Lokal berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka.

“Potensi UMKM lokal di Indonesia ini begitu besar, tapi sayang belum bisa maksimal dan masih sulit bersaing di pasar domestik maupun internasional. Bahkan di Indonesia sendiri juga, masih banyak masyarakat yang skeptis dengan produk asli lokal. Maka dari itu, sebagai bentuk dukungan Plugo untuk UMKM, kami bekerja sama dengan Revolusi Lokal agar semakin banyak merek lokal yang bisa berkembang” Tutur Izki Aldrin Iswarna, selaku Direktur PT Plugo Teknologi Indonesia.

BACA JUGA :
MiiTel Raih Penghargaan Good Design Award 2023 di Jepang

Plugo merupakan Platform Manajemen Toko Online All in One yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis yang ingin berkembang baik online maupun offline. Salah satu langkah Plugo untuk lebih dekat dengan UMKM adalah dengan membangun komunitas bertajuk Seller Juara. Kerja sama dengan Revolusi Lokal ini merupakan salah satu programnya.

Melalui kerja sama dengan komunitas-komunitas, Plugo berharap dapat semakin mengerti kebutuhan UMKM lokal dan dapat mewujudkan pemberdayaan UMKM lokal yang lebih maksimal.

Revolusi Lokal yang kini diketuai oleh Alvin Sugianto merupakan sebuah inisiatif yang mendukung kemajuan UMKM lokal untuk dapat bersaing di pasar domestik dan internasional. Tujuan yang sama ini lah yang memicu munculnya kolaborasi ini.

BACA JUGA :
Puncak WEC 2024, Malam Apresiasi untuk 20 Perempuan Wirausaha

Dukung UMKM Melalui Event Komunitas Berkelanjutan

Foto bersama perwakilan tim Plugo dan Revolusi Lokal

Raymond Chin selaku inisiator pernah menjelaskan bahwa implementasi Revolusi Lokal dalam membantu UMKM adalah meliputi Gerakan Kesadaran Digital, Pendanaan Digital dan Pembinaan Kewirausahaan, Standarisasi Produk Lokal UMKM di E-Commerce, dan Menjadi Kolaborator Pelaku Lokal dengan Pemerintah.

Digitalisasi UMKM menjadi salah satu implementasi utama dari Revolusi Lokal. Plugo juga mengakui pentingnya digitalisasi bagi UMKM. Dengan memanfaatkan kekuatan platform dan teknologi digital, bisnis lokal dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan, efisiensi, dan keberlanjutan. 

Menurut Furqanda Labarza selaku Senior Marketing Manager Plugo Indonesia “Plugo akan turut mendukung implementasi tersebut melalui serangkaian acara komunitas berkelanjutan yang terbuka untuk semua bisnis lokal di seluruh Indonesia. Acara-acara ini berfungsi sebagai platform untuk berbagi pengetahuan, networking, dan pemberdayaan potensi, yang bisa menjadi sumber daya berharga bagi UMKM untuk berkembang di pasar yang dinamis saat ini.”

BACA JUGA :
Pergerakan Harga Halving Bitcoin Hingga Mencapai Level USD $150.000

Dengan adanya kerja sama ini, Plugo dan Revolusi Lokal berharap merek lokal tidak hanya dapat bersaing, tetapi juga unggul dalam menghadapi persaingan nonlokal. Plugo yakin pada kekuatan inheren serta potensi UMKM Indonesia, dan kolaborasi strategis ini bertujuan untuk memperkuat posisi mereka di pasar.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES