Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Neutura Mengumumkan Pendanaan Angel untuk Dua Proyek Biochar Baru di COP28

×

Neutura Mengumumkan Pendanaan Angel untuk Dua Proyek Biochar Baru di COP28

Sebarkan artikel ini

Dubai, Uni Emirat Arab, 4/12/2023 – Neutura, sebuah perusahaan carbon removal yang berbasis di Asia Tenggara, mengumumkan pendanaan angel untuk dua proyek penyerapan karbon berbasis biochar. Inisiatif ini merupakan loncatan besar dalam menghambat laju perubahan iklim dengan mengubah limbah pertanian menjadi biochar yang memiliki nilai tambah yang baik serta mampu mengunci karbon dalam tanah selama lebih dari 500 tahun.

Co-Founder Neutura: Alif (Kanan), Glory (Kiri) 

           Co-Founder Neutura: Alif (Kanan), Glory (Kiri)

Neutura, melalui pendanaan angel yang mereka dapatkan, bersiap untuk meluncurkan dua proyek mercusuar pada tahun 2024. Proyek-proyek ini, ditargetkan berjalan di dua wilayah yang berbeda, yakni Asia Tenggara dan Eropa Selatan. Proyek di dua wilayah ini tidak hanya sekadar bertujuan untuk mengurangi emisi secara holistik, melainkan juga merubah paradigma masyarakat terkait carbon removal dan manajemen limbah agrikultur yang bertanggung jawab.

Proyek yang akan diluncurkan berfokus pada pemanfaatan limbah tanaman dari industri pertanian untuk menyerap karbon dari atmosfer, dengan mengubah hasil limbah menjadi biochar dan cuka kayu. “Kami melihat limbah pertanian bukan sebagai masalah tetapi sebagai solusi,” jelas Laksamana Sakti (Alif), salah satu pendiri Neutura. “Dengan mengubah limbah ini menjadi biochar, kami mengatasi beberapa tantangan sekaligus—mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan kesehatan tanah, dan menciptakan praktik pertanian yang berkelanjutan.”

BACA JUGA :
AnyMind Group merilis pendapatan Q3 2023

                                       Biochar

                                         Biochar

Biochar merupakan hasil produk berbentuk arang yang dihasilkan oleh Neutura melalui proses pirolisis yang memiliki manfaat yang luar biasa. Kemampuannya untuk meningkatkan kesuburan tanah menjadi salah satu daya tarik utama. “Biochar memiliki potensi besar,” kata Alif. “Material ini dapat meningkatkan retensi air dan struktur tanah, menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih sehat, dan mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia. Produksi biochar dapat menjadi katalis perubahan yang cukup signifikan untuk memulai praktik pertanian berkelanjutan.” Namun manfaat biochar dari Neutura tidak hanya terbatas pada bidang pertanian. Material ini juga dapat diterapkan dalam industri lain, seperti industri metalurgi dan semen, di mana ia berkontribusi pada peningkatan sifat material dan potensi pengurangan emisi. “Kami memiliki visi untuk mengintegrasikan biochar ke berbagai industri, sehingga masing-masing industri tersebut bisa mendapatkan manfaat dari propertinya yang unik serta berkontribusi pada planet yang lebih hijau,” tambah Alif.

BACA JUGA :
upDrive Umumkan Pemenang Program Hibah dari Indonesia untuk Mendorong Pengembangan Kewirausahaan Lokal

Secara bersamaan, cuka kayu produk sampingan dari proses ini, dapat berfungsi sebagai pestisida dan pupuk alami. “Cuka kayu adalah solusi organik untuk perawatan tanaman,” catat Alif. “Cara ini efektif, ramah lingkungan, dan sejalan sepenuhnya dengan visi kami untuk masa depan pertanian yang berkelanjutan.”

Proyek pilot yang dikerjakan oleh Neutura menggunakan peralatan pirolisis khusus yang dirancang menggunakan energi yang efisien dan terintegrasi dengan pabrik. “Kami berinvestasi dalam teknologi yang tidak hanya mendukung keberjalanan kegiatan operasional, tetapi juga menetapkan standar rendah emisi yang berkelas dunia,” ujar Alif.

BACA JUGA :
DJI FlyCart 30, Inovasi Drone Terbaru dari DJI untuk Pengiriman Barang

Proyek-proyek ini didasarkan pada model bisnis yang memiliki skalabilitas besar. Dengan menjual biochar dan kredit penyerapan karbon, Neutura ingin memastikan kelangsungan profitabilitas perusahaan sedari awal. “Model bisnis kami mencerminkan komitmen kami terhadap keberlanjutan dan profitabilitas,” kata Alif. Dengan proyek-proyek ini, Neutura tidak hanya mengatasi masalah lingkungan tetapi juga membuka jalan menuju masa depan pertanian dan iklim yang lebih berkelanjutan dan menguntungkan.

          Penggunaan biochar untuk lahan pertanian

             Penggunaan biochar untuk lahan pertanian

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES