Scroll untuk baca artikel
Berita

Pj. Bupati Probolinggo Hadiri Rakor Pengendalian dan Pengawasan BKN di Bali

×

Pj. Bupati Probolinggo Hadiri Rakor Pengendalian dan Pengawasan BKN di Bali

Sebarkan artikel ini
Foto : Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto saat menghadiri Rakornas di Bali.

Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tahun 2024 di The Stones Hotel, Bali, Selasa (06/02/2024).

Rakor yang dibuka secara virtual oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas yang dihadiri oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara, Pj. Gubernur Bali, Sekjen Kementrian Dalam Negeri, Plt. Deputi Bidang Aparatur SDM Kementrian Panrb RI, Komisioner Bawaslu RI, serta Gubernur, Wali Kota dan Bupati seluruh Indonesia.

Tema yang diusung pada rakor kali ini adalah “Mewujudkan Netralitas Aparatur Sipil Negara dalam Bingkai Meritokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”.

BACA JUGA :
Semipro Usai, Wali Kota Bakal Wujudkan Cokro Fair, Hadi Pro hingga Refleksi Kepemimpinan

Pada perayaannya, MenPAN-RB, Azwar Anas menegaskan reformasi birokrasi berjalan dengan baik dan harus menjadi komitmen seluruh pihak dari pusat hingga daerah. “Harapan saya, semua kepala daerah disini melihat kembali manajemen kinerja, kewenangan pembagian, pengawasan, peningkatan SDM. Cita-cita kami yaitu mendorong SDM berkelas dunia, salah satunya dengan sistem seleksi terbuka”, ujarnya.

MenPAN-RB Azwar Anas juga menekankan netralitas ASN pada Pemilu 2024 sebagai bentuk kewajiban profesionalisme ASN yang memiliki tanggung jawab sebagai aparatur negara yang harus tetap profesional, bebas dari kepentingan politik, dan setia pada prinsip-prinsip keberimbangan.

BACA JUGA :
Ketua Umum SMSI Firdaus: Saatnya Kode Etik Jurnalistik Diperkenalkan pada Masyarakat

Sementara itu, Plt. Kepala BKN Haryono Dwi Putranto mengatakan, ASN harus memegang teguh asas netralitas. “ASN harus memegang teguh asas netralitas. ASN yang tidak netral maka akan merugikan negara dan masyarakat dan menjadikan ASN tidak profesional,” ujarnya.

Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto usai mengikuti rakor menjelaskan, banyak hal penting yang disampaikan pada Rakor tersebut, di antaranya tentang pengembangan karir ASN, penyelesaian pegawai honorer, penerimaan CPNS dan PPPK, pengisian formasi jabatan dan membangun sistem merit.

Ditambahkan Pj. Bupati Ugas, fokus Rakor kali ini adalah netralitas ASN. “Komponen ASN menjadi penting pemerintahan untuk menjamin berlangsungnya Pemilu 2024 baik di tingkat nasional maupun daerah. ASN tidak boleh berpolitik praktis karena ASN adalah tenaga profesional yang menjadi motor pemerintahan,” terangnya.

BACA JUGA :
Kak Ugas Lepas Peserta Raimuna Daerah Kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo

Sebagai wujud komitmen netralitas ASN, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah melaksanakan pembacaan ikrar bersama dan penandatanganan pakta integritas netralitas pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo pada tanggal 6 November 2023 yang lalu.(*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.