Scroll untuk baca artikel
Berita

189 Kades di Lumajang Dapat Perpanjangan Dua Tahun Masa Jabatan

×

189 Kades di Lumajang Dapat Perpanjangan Dua Tahun Masa Jabatan

Sebarkan artikel ini
Lumajang
Foto: Ist.

Lumajang, BULETIN.CO.ID – Wajah sumringah nampak pada Kepala Desa (Kades) Besuk, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Kenapa tidak, pada hari ini dia mendapat SK perpanjangan kades selama dua tahun.

Sebanyak 189 kades se-Kabupaten Lumajang menerima SK Perpanjangan masa jabatan dari Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni.

Dalam acara penyerahan SK di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Jumat 14 Juni 2024, para kades penerima SK ini tampak bersemangat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mustajib dalam sambutannya mengatakan sebanyak 189 kades yang menerima SK Perpanjangan Masa Jabatan.

BACA JUGA :
Pj Bupati Probolinggo Pimpin Peringatan Harkopnas Ke-77

“Alhamdulillah mereka bahagia,” kata Mustajib.

Sementara Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menyampaikan pemberian SK perpanjangan masa jabatan kades ini, lantaran pada 25 April 2024, pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Salah satu perubahan mendasar, adalah masa jabatan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang diatur dari semula 6 tahun menjadi 8 tahun.

BACA JUGA :
Dukung Program Ketahanan Pangan Babinsa Posramil 0826-12 Kadur Bantu Warga Binaan Bajak Sawah

“Maka hari ini Jumat 10 Juni 2024, Surat Keputusan Pj Bupati tentang Perubahan atas Keputusan Pj. Bupati Lumajang tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa, Alhamdulillah dapat saya serahkan,” kata dia.

Indah Wahyuni pesan, setelah mendapatkan SK para kades diajak tidak hanya bersyukur, namun harus diimbangi dengan peningkatan kinerja, dedikasi dan totalitas melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat di desa.

BACA JUGA :
Banggar dan Bapemperda Nyatakan Raperda LPJ APBD Lumajang TA 2023 Layak dan Dapat Dibahas Lebih Lanjut

“Setelah ini nanti, tidak ada lagi saya mendengar ada kepala desa yang bermasalah, pelayanan kepada masyarakat harus jauh lebih baik, termasuk loyalitas dan kedisiplinan bapak ibu kepala desa,” harapnya.

Selain kepala desa, pengurus BPD juga terima SK perpanjangan SK selama 2 tahun. Setidaknya 198 Anggota BPD se-kabupaten Lumajang.(*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.