Scroll untuk baca artikel
Berita

Momentum Idul Adha, DLH Lumajang Himbau Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

×

Momentum Idul Adha, DLH Lumajang Himbau Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sebarkan artikel ini
Lumajang
Foto : Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang.

Lumajang, BULETIN.CO.ID – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi sampah pada moment perayaan Hari Raya Idul Adha. Hal tersebut diungkapkannya di sela kegiatannya, Minggu (16/6/2024).

“Moment Idul adha ini kami mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan plastik atau bahan lain yang berpotensi menjadi sampah,” ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkan, beberapa imbauan sudah dilakukan melalui berbagai platform media maupun imbauan berupa Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Nomor : 600.4.15/157/427.47/2024 tentang Imbauan Pelaksanaan Idul Adha Tanpa Sampah Plastik, mengingat pada saat perayaan Hari Raya Idul adha sangat berpotensi terjadi peningkatan jumlah sampah.

BACA JUGA :
Wali Kota Padangsidimpuan Pukul Bedug di Malam Takbiran Idul Adha 1444 H

“Gunakan alas Salat (sajadah, red) yang dapat dipakai ulang, jangan gunakan alas Salat sekali pakai untuk menghindari timbunan sampah, kemudian jangan tinggalkan sampah saat meninggalkan tempat salat,” terang dia.

BACA JUGA :
Pj. Bupati Probolinggo Buka Muscab IV DPC PATELKI Kabupaten Probolinggo

Selain itu, Hertutik juga mengimbau para pantia penyelenggara kurban, untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai dalam kegiatan pembagian daging hewan Kurban.

“Bawa wadah guna ulang sendiri untuk mewadahi pembagian daging kurban, hindari penggunaan kantong plastik sekali pakai,” pungkasnya.

BACA JUGA :
Plh Bupati Probolinggo Serahkan Seekor Sapi Kepada Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah

Penggunaan kemasan ramah lingkungan pada kegiatan pembagian hewan kurban bisa dilakukan menggunakan besek bambu, besek daun kelapa dan besek daun pandan untuk membungkus daging kurban. (*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.