Scroll untuk baca artikel
Berita

Pemkab Probolinggo Gelar Pagelaran Guyon Maton Bersama Cak Percil Cs

×

Pemkab Probolinggo Gelar Pagelaran Guyon Maton Bersama Cak Percil Cs

Sebarkan artikel ini
Probolinggo
Foto : Ist.

Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar pagelaran Guyon Maton bersama Cak Percil Cs di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (4/5/2024) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos, M.Si didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Pagelaran Guyon Maton bersama Cak Percil Cs ini diikuti oleh ribuan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya. Tidak ketinggalan pula para insan Pendidikan di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan para talenta Dikdaya Mencari Bakat diantaranya Tari Tradisional SMPN 1 Sukapura, Tari Seser SDN Legundi, Tari Matun SDN Dungun dan Tari Pujan Kusuma SDN Ngadirejo.

BACA JUGA :
Muslimat NU Lakukan Pembahasan Amandemen Perbup Penyelenggaraan Bangunan Gedung

Hiburan puncak tersebut ditandai dengan penampilan pagelaran guyon maton bersama Cak Percil Cs. Aksi-aksi kocak dan lucu di sepanjang pagelaran guyon maton mampu mengocok perut seluruh undangan dan masyarakat yang hadir di Alun-alun Kota Kraksaan,

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Ugas bersama jajaran Forkopimda, Pj Sekda Heri dan Cak Percil Cs menampilkan hiburan kethoprak. Dimana Pj Bupati Ugas berperan sebagai Raden Tumenggung Djojolelono didampingi Projo Kapolres (Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, Projo Dandim (Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto), Projo Kejaksaan (Kepala Kejaksaaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P Duarsa), Projo Dewan (Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo), Projo Pengadilan (Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan I Made Yuliada) serta Demang (Pj Sekda Heri).

Pada penampilannya tersebut, Demang menyampaikan beberapa keberhasilan dan capaian yang telah diraih oleh Pemkab Probolinggo selama ini kepada Raden Tumenggung Djojolelono. Sementara Projo menyampaikan beberapa capaian yang telah dilakukan selama ini sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Termasuk keberadaan Lapor Kand4 yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan semua keluhannya.

BACA JUGA :
Bimtek Pengadministrasian SIMAKPRO Mudahkan Pencatatan bagi Kader TP PKK

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan pagelaran guyon maton bersama Cak Percil Cs ini merupakan salah satu puncak resepsi Harjakapro ke-278 dan resepsi Hardiknas tahun 2024.

“Intinya Pemerintah Daerah bersama dengan Forkopimda mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo yang dalam setahun ini memberikan kontribusi yang luar biasa mulai dari tokoh masyarakat, Lembaga, media, petani dan nelayan. Semoga ke depan kita bersama-sama mampu membangun Kabupaten Probolinggo lebih baik lagi,” katanya.

Sementara Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengungkapkan selain dalam rangka Harjakapro ke-278 dan Hardiknas tahun 2024, kegiatan ini bertujuan untuk menghibur masyarakat dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Sebab yang berjualan ini adalah para UKM yang merupakan para wali murid yang mau membiayai sekolah anak-anak dan siswa siswi. Dengan adanya kegiatan ini mereka berjualan dengan sangat laku dan habis,” ujarnya.

BACA JUGA :
CSO EITI Indonesia Desak Transparansi Data Produksi Migas Masing Masing Stakeholder Terkait

Joko menerangkan selama beberapa hari ini di Alun-alun Kota Kraksaan ini ada kegiatan yang sifatnya hiburan. “Dalam momentum Harjakapro ke-278 dan Hardiknas tahun 2024 kita selenggarakan hiburan bagi masyarakat,” jelasnya.

Menurut Joko, dalam kegiatan ini pihaknya tidak mengundang secara khusus masyarakat. Tetapi pihaknya mempersilahkan masyarakat untuk datang ke Alun-alun Kota Kraksaan untuk menikmati hiburan yang disuguhkan.

“Untuk Harjakapro dan Hardiknas tahun ini kita mengundang artis nasional Happy Asmara yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Untuk mala mini ada Cak Percil Cs. Mari kita nikmati hiburan ini dan jangan sampai malah menimbulkan keributan. Ayo Harjakapro dan Hardiknas kita buat happy,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.