Scroll untuk baca artikel
Berita

Pj Bupati Probolinggo Pimpin Peresmian Jogging Track Dan Peletakan Batu Pertama Aula Hutaka

×

Pj Bupati Probolinggo Pimpin Peresmian Jogging Track Dan Peletakan Batu Pertama Aula Hutaka

Sebarkan artikel ini
Probolinggo
Foto : ist.

Probolinggo , BULETIN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si didampingi Presiden Direktur (Presdir) PT POMI-Paiton Energy Sugianto melakukan peresmian pavingisasi jogging track serta peletakan batu pertama aula dan musholla Hutan Kota Kraksaan (Hutaka) pada Senin (13/05/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan PT Campina, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Forkopimka Kraksaan dan ratusan siswa SD yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan.

Sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan aula dan musholla Hutaka serta peresmian jogging track, Pj Bupati Ugas didampingi Presdir PT POMI-Paiton Energy Sugianto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina meninjau lomba membatik dengan teknik eco print dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan hibah 3 unit kontainer dan 3 unit kendaraan roda 3 pengangkut sampah kepada desa yang komitmen mengolah sampah. Untuk kontainer diserahkan kepada Dusun Banyuputih Desa Randuputih Kecamatan Dringu, Dusun Krajan Desa Curahtulis Kecamatan Tongas serta Dusun Pesisir dan Dusun Banyuputih Desa Randuputih Kecamatan Dringu.

Sementara untuk bantuan hibah kendaraan roda 3 diberikan kepada Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, Dusun Krajan Desa Sepuhgembol Kecamatan Wonomerto dan Dusun Krajan Desa Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar.

BACA JUGA :
Jelang Lebaran 1445 H, Forkopimda Probolinggo Siapkan Pengamanan Dan Pelayanan Kepada Masyarakat

Diserahkan pula piala kepada pemenang lomba membatik dengan teknik eco print untuk kategori kreatif diraih SD Siti Chodijah, kategori kompak diirah SDN Kandangjati Kulon 1, kategori rapi diraih SDN Asembagus, juara harapan 2 diraih SDN Muhammadiyah Kreatif Kraksaan, juara harapan 1 diraih SDN Patokan 1, juara 3 diraih SDN Sidomukti 2, juara 2 diraih SDN Patokan 1 dan juara 1 diraih SDN Sidomukti.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dewi Korina menyampaikan peresmian pavingisasi jogging track sepanjang 1.200 meter ini merupakan bantuan dari Coorporate Social Responsibility (CSR) PT POMI-Paiton Energy. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara Pj Bupati Probolinggo dengan Pimpinan PT POMI-Paiton Energy pada tahun 2023 lalu.

“Kegiatan peresmian jogging track dan peletakan batu pertama aula dan musholla di Hutaka ini dimeriahkan dengan lomba membatik dengan teknik eco print yang diikuti oleh 250 siswa SD yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan,” ujarnya.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan dari awal penemuan sudah mempunyai konsep dan target dalam setahun ini sudah mulai tampak. “Kami ingin merombak Stadion Gelora Merdeka Kraksaan dan sekitarnya yang awalnya terlihat kumuh, kami akan berkonsep menjadi taman yang lebih bersih, lebih nyaman dan lebih kerasan agar masyarakat sekitar hadir,” katanya.

BACA JUGA :
Ikuti Sosialisasi, Kepala OPD Pemkab Probolinggo Teken Pakta Integritas Anti Korupsi KPK RI

Menurut Pj Bupati Ugas, dalam proses itu diakui Pemerintah Daerah tidak bisa sendiri untuk membangunnya. Oleh karena itu kami mengundang beberapa CSR perusahaan yang memang peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk perekonomian.

“Memang ke depan ini harapannya sekitar stadion ini dengan rest area ini bisa berfungsi sebagai tempat para wisatawan hadir, mungkin ingin sholat dan sebagainya. Untuk masyarakat sekitar bisa hadir bersama keluarga dan UMKM akan terus berkembang,” jelasnya.

Pj Bupati Ugas menerangkan di satu sisi kegiatan-kegiatan sosial akan dikembangkan di Hutaka. Nantinya ada genap-genap, pengajian maupun kesenian, termasuk kegiatan kepramukaan dan semuanya akan dipusatkan di Hutaka.

“Ternyata stadion ini kalau nanti kita bentuk dan kita fokuskan untuk rest area ini cukup besar dan lebar. Bisa dibayangkan untuk stadion yang sebesar ini kita betul-betul maksimalkan maka menjadi suatu hal yang akan bermanfaat bagi masyarakat. Saya kira beberapa Perusahaan CSR sudah mulai membantu, untuk Hutan Kota Kraksaan ini secara khusus sponsor utamanya dalah PT POMI-Paiton Energy,” tegasnya.

BACA JUGA :
Wali Kota Probolinggo Serahkan Sapi di Masjid Ar Raudlah Wonoasih

Sementara Presdir PT POMI-Paiton Energy Sugianto mengucapkan terima kasih karena PT POMI-Paiton Energy dilibatkan untuk bisa berpartisipasi dalam pengembangan Hutaka. Ini adalah tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Pj Bupati Probolinggo dan PT POMI-Paiton Energy.

“Alhamdulillah apa yang menjadi program dari Pemerintah Daerah dalam merenovasi Hutan Kota Kraksaan berupa pembangunan jogging track sudah rampung. Untuk aula dan musholla dalam waktu 2 bulan sudah selesai,” ungkapnya.

Sugianto menegaskan ke depan berkomitmen untuk pengembangan di kawasan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan sehingga bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat. “Ini tentunya menjadi awalan nanti bisa diselesaikan aula dan bisa dikembangkan secara berkelanjutan. Kami bisa berpartisipasi disini sehingga tempat ini menjadi icon di Kecamatan Kraksaan,” tutupnya. (*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.