Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Ramah Anak, DPRD Probolinggo Terima Kunjungan Puluhan Siswa SD Al Hikmah Surabaya

×

Ramah Anak, DPRD Probolinggo Terima Kunjungan Puluhan Siswa SD Al Hikmah Surabaya

Sebarkan artikel ini
Probolinggo
Foto : Siswa SD saat mengunjungi kantor DPRD Probolinggo.

Probolinggo, BULETIN.CO.ID– Sebanyak 26 siswa dan siswi SD Al-Hikmah Surabaya datang berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo yang berada di Jl Panglima Sudirman Desa Rondokuning Kecamatan Kraksaan, Selasa (21/5/2024).

Kehadiran puluhan siswa yang didampingi oleh gurunya ini diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma dan Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Selama berada di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo tersebut, mereka sangat gembira dan merasa nyaman. Mereka seolah-olah menjadi wakil rakyat selama sehari. Bahkan mereka sesekali bermain dan berakting menjadi wakil rakyat.

Wakil Ketua DPRD Oka Mahendra Jati Kusuma menyambut mereka dengan ramah dan penuh keceriaan. Oka pun membaur bersama puluhan siswa tersebut dan mengajaknya masuk ke ruangan Badan Anggaran atau Badan Musyawarah di lantai II Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo.

Bahkan puluhan siswa SD Al-Hikmah itu diajak masuk ke ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo di lantai III. Sekaligus ruang fraksi, ruang komisi dan ruang pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo.

Kehadiran puluhan siswa SD Al-Hikmah ini menunjukkan jika Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo sudah ramah anak. Apalagi mereka diberikan kesempatan untuk berkeliling mengenal ruangan demi ruangan di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo.

BACA JUGA :
Tabligh Akbar, Ustadz Das’at Latif Serukan Pentingnya Memilih Pemimpin yang Amanah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma menyampaikan ucapan terima kasih kepada siswa dan siswi SD Al-Hikmah Surabaya yang sudah berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Kami menyampaikan selamat datang di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo. Jika kemarin anak-anak sudah berkunjung ke Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur, sekarang giliran di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo. Ini pertama kalinya Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo dikunjungi anak SD dari luar kota,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Oka mengaku merasa bersyukur sudah dikunjungi oleh siswa dan siswi SD Al-Hikmah. Sebab tidak banyak guru dan sekolah yang aware terhadap kantor pemerintahan. Karena kebanyakan melakukan studi tour ke Perusahaan atau tempat wisata.

“Kalian adalah generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di kabupaten, Jawa Timur dan Indonesia. Kalian adalah pemuda harapan bangsa. Pengenalan kantor pemerintahan dan instansi perlu dikenalkan kepada anak-anak. Dulu saja saya saat masih SD tidak pernah ada kunjungan ke kantor DPRD,” terangnya.

Oka menjelaskan pengenalan kantor DPRD kepada anak sejak dini ini sangat diperlukan agar mereka paham mengenai apa tugas dari DPRD sehingga anak-anak punya gambaran untuk menentukan cita-citanya.

BACA JUGA :
Antisipasi Penyalahgunaan Anggaran, Diknas Gandeng Kejari Bondowoso Gelar Penyuluhan Hukum Sekolah Anti Korupsi

“Ini adalah ruangan Banmus dan Banggar. Ruangan ini yang sangat penting, selain ruang rapat paripurna. Biasanya yang duduk di lajur kanan adalah Bupati dan Kepala Dinas. Sebelah kirinya adalah para anggota dewan. Ruangan ini adalah tempat membahas Kabupaten Probolinggo mau dibawa ke mana, mau bangun jalan, mau bangun kantor, mau melayani Masyarakat dan sebagainya,” terangnya.

Menurut Oka, salah satu tugas dari DPRD adalah membantu Pemerintah Daerah dalam membangun daerah. Dalam rapat dewan, nanti diputuskan dan disepakati mana program yang akan dilakukan.

Selain itu, DPRD akan menyetujui Perda Kabupaten Layak Anak. Salah satu indikatornya adalah kantor instansi layak anak. Harus ramah anak dan mengedukasi anak. “Ke depannya, Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo akan dibangun play ground agar anak-anak nyaman di kantor dewan,” tegasnya.

Salah satu guru SD Al-Hikmah Ridwan mengaku bahwa pihaknya memiliki program parlemen tour untuk mengenalkan siswa mengenai pemerintahan dan legislatif. “Kami menyampaikan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Prooblinggo. Ini merupakan penghormatan luar biasa dan bagi kami pengalaman pertama. Semoga bisa memberikan manfaat,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung Kabupaten Probolinggo naik kelas menjadi Kabupaten Layak Anak. Hal itu dibuktikan dengan bentuk dukungan terhadap studi tour siswa SD Al-Hikmah Surabaya yang diberikan edukasi mengenai tugas legislasi DPRD dengan penuh keramahan terhadap anak.

BACA JUGA :
Hari Santri Di TK Al Bukhori Kaligondo Genteng

“Kami memberikan dukungan dalam bentuk edukasi kepada anak-anak di gedung DPRD Kabupaten Probolinggo. Kami berupaya semaksimal mungkin supaya anak-anak merasa nyaman dan betah di sini,” ujarnya.

Ke depan terang Yulius, pihaknya akan melengkapi fasilitas ramah anak yang salah satunya dengan membangun play ground di kompleks DPRD Kabupaten Probolinggo. Hal ini dilakukan untuk menambah daya dukung ramah anak, “Misalnya nanti ada anak anggota DPRD yang diajak ke gedung ini bisa betah. Kita bikin senyaman mungkin untuk anak,” tegasnya.

Cladys, siswa kelas 5 SD Al-Hikmah mengaku sangat senang dan seru bisa beramai-ramai berkunjung ke kantor DPRD Kabupaten Probolinggo bersama teman-temanya. “Asyik dan seru sekali. Sekarang bisa tahu tugas dari anggota dewan. Saya bercita-cita ingin menjadi anggota dewan seperti ayah dan mama,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.