Pemerintahan

Wabup Tapsel Serahkan Belasan Ton Pupuk dan Ratusan Ribu Bibit Kopi

×

Wabup Tapsel Serahkan Belasan Ton Pupuk dan Ratusan Ribu Bibit Kopi

Sebarkan artikel ini

Tapanuli Selatan, BULETIN.CO.ID – Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran ,MSi, didampingi sejumlah tokoh masyarakat serta pendamping pertanian dari Lembaga SRI menyerahkan pupuk NPK sebanyak 14,9 Ton dan bibit kopi sejumlah 149.845 bibit kepada 608 petani kopi, di Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Tapsel, Rabu 09/08/2023

Rasyid Assaf Dongoran mengatakan bahwa dirinya senang dan gembira memberikan pupuk dan bibit ini kepada petani kopi karena teman- teman SRI ini bagian dari realisasi visi sehat, cerdas, sejahtera melalui dukungan percepatan perkebunan kopi di 4 desa.

“Dulu tahun 2014 saat saya masih Direktur Lembaga Pertanian dan Kehutanan yang bernama SRI ini, ketika itu saya keluar dari ASN dan Keluar dari NGO Internasional, “ungkapnya.

BACA JUGA :
Dirjen Politik dan PUM Serahkan Penghargaan Gugus Tugas GNRM Kepada Pemerintah Daerah Jawa Timur

Lebih lanjut, Wakil Bupati Tapsel memaparkan bahwa pada tahun 2016, dia beserta kawan-kawan merancang dan mencari sumber pendanaan non pemerintah, dan sudah terealisasi walaupun dia tidak lagi di SRI.

“Perhatian saya pada pertanian kopi tidak tinggal khususnya Kopi Rakyat terus menerus semampu saya, “jelas Rasyid Assaf Dongoran.

Dia sadar keterbatasan lembaga SRI juga ada, hanya 4-10 desa karena memang diminta fokus untuk penerapan kopi ramah lingkungan (Agroforestry Coffee), terus-menerus bekerja tanpa letih membantu ekonomi masyarakat dan kualitas ekologis alam.

BACA JUGA :
Wabub Pamekasan Hadiri Musrenbang RKPD 2024 dan Berikan Arahan Agar Semua OPD Bersinergi

“Kenapa ada pupuk kimia NPK ? dulu itu dikonsep LEISA ( Low External Input Sustainable Agriculture) , artinya pupuk kimia hanya pencampur kecil atau perangsang saja dalam input pertanian karena petani belum bisa total meninggalkan kimia , sehingga kedepan bertransformasi menjadi organik Agriculture, “jawabnya.

Rasyid menerangkan juga, pada hari itu dilakukan penyerahan pupuk kepada petani Desa Bulu Mario, Desa Batu Satail, Desa Marsada, Desa Aek Batang Paya.Karena dia melihat dan dapat laporan bibit sudah ditanam sejak 1 tahun lalu, dia berharap petani jangan lupa terus bersyukur dan berdoa pada Tuhan agar pertaniannya mendapatkan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Selanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapsel, saya berharap SRI dan mungkin beberapa lembaga non pemerintah lainnya terus membantu Masyarakat Tapsel bidang pertanian kopi, “lanjutnya.

BACA JUGA :
Wabup Tapsel: Harapkan Para Tokoh Masyarakat Aktif Berikan Gagasan dan Pengawasan Pembangunan

Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran, MSi, berharap teman-teman SRI tetap sabar dan menjadi pendamping pertanian kopi agroforestri yang baik , untuk kemajuan Tapanuli Selatan dibidang Kopi.

“Akhirnya, Pemkab mendukung setiap inisiatif lembaga non pemerintah yang membantu petani di Tapsel, karena program ini sesuai Visi Sehat, Cerdas, Sejahtera sebagaimana tercantum pada RPJMD, “pungkas Wabup Tapsel. ( Andi Hakim Nasution )

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.