News

Wali Kota Padang Sidempuan Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian Tahun 2023

×

Wali Kota Padang Sidempuan Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Padang Sidempuan, BULETIN.CO.ID – Untuk menandai segera dilaksanakannya Sensus Pertanian 2023 (ST2023) pada 1 Juni mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) Padang Sidempuan menggelar Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 di halaman kantor walikota Padang Sidempuan , Rabu ( 31/5).

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM yang bertindak selaku pimpinan apel dalam amanatnya mengatakan, apel ini sebagai simbol kesiapan BPS Padang Sidempuan untuk menyelenggarakan sensus 10 tahun sekali.

“Pelaksanaan ST2023 diharapkan mampu memberikan gambaran komprehensif terkait kondisi pertanian di Kota Padang Sidempuan ,” katanya.

BACA JUGA :
Tips Transfer GoPay To Bank Account

Wako Irsan melanjutkan, data hasil ST2023 juga digunakan sebagai kerangka sampel survei pertanian dan sebagai tolok ukur statistik pertanian yang ada saat ini.

“Yang terpenting, data ST2023 mampu menjadi rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis sektor pertanian, sehingga meningkatkan kualitas desain kebijakan yang diformulasikan,” jelasnya.

Menurutnya meskipun Padang Sidempuan dengan status kota tetapi pertanian menjadi sektor ke 3 di Padang Sidempuan setelah perdagangan dan kontruksi sebagai penyumbang tenaga kerja dan masyarakat di Padang Sidempuan juga masih banyak yang bekerja sebagai petani.

BACA JUGA :
Dua Bus Rombongan Jamaah Haji Pamekasan Kloter 5 Terlibat Tabrakan di Bangkalan, Begini Kondisinya…

Wako Irsan berpesan agar nantinya seluruh petugas ST2023 dapat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Camat, Kepala Desa/Lurah agar data yang dihasilkan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Pada apel siaga ini juga dilakukan pembacaan ikrar sebagai bentuk kesiapan seluruh pegawai BPS menyukseskan pelaksanaan ST2023.

Sebelumnya, pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 di Istana Negara, Jakarta, 15 Mei lalu, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pertanian merupakan sektor amat penting dan melibatkan hajat hidup orang banyak. Oleh sebab itu, Kepala Negara mendorong adanya akurasi data ST2023 sebagai fondasi untuk menyusun kebijakan secara tepat di bidang pertanian.

BACA JUGA :
Wali Kota Padang Sidempuan Panen Perdana Bawang Merah di Sabungan Jae

Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 ini dihadiri Sekdako H.Letnan Dalimunthe, Asisten, Pimpinan OPD serta seluruh Camat Kota Padang Sidempuan. ( Andi Hakim Nasution)

**) Ikuti berita terbaru BULETIN di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.