Scroll untuk baca artikel
Berita

Agar Bahasa dan Budaya Madura Lestari , Pj Bupati Pamekasan Ajak Komunitas Bersinergi

×

Agar Bahasa dan Budaya Madura Lestari , Pj Bupati Pamekasan Ajak Komunitas Bersinergi

Sebarkan artikel ini
Pamekasan
Foto : Pj Bupati Pamekasan bersama Kominitas Dhu'remmek.

Pamekasan, BULETIN.CO.ID – Penjabat Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Masrukin mengaku prihatin atas terkikisnya bahasa Madura seiring dengan majunya teknologi dan perkembangan zaman lainnya.

Menurutnya, terkikisnya bahasa daerah sebenarnya tidak hanya terjadi di Madura, melainkan bahasa daerah lainnya juga mengalami hal serupa. Hal itu lantaran banyaknya perubahan dan perkembangan bahasa di tengah masyarakat.

“Dimana-mana bahasa daerah itu mulai terkisis, mungkin yang paling halus itu sudah hilang. Jadi, kami sampaikan terima kasih kepada dhu’remmek (kominitas,red) yang telah menjaga dan melestarikan bahasa Madura dengan baik” katanya saat silaturrahim dhu’remmek dengan Pj Bupati Pamekasan di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Senin (6/11/2023).

BACA JUGA :
Naura Desainer Cilik Pamekasan Dengan Busana Alice and Wonderland Tampil Menawan di Ajang CJFW Solo

Dia berharap, komunitas yang ada di daerahnya bisa fokus terhadap bidang-bidang tertentu, seperti membidangi seni Madura, bahasa Madura, atau komunitas yang dapat menghasilkan produk hukum pelestarian bahasa Madura, serta bidang lainnya yang dapat bermanfaat kepada masyarakat.

BACA JUGA :
Terget Juara 1 Nasional, Disdikbud Kabupaten Pamekasan Gelar TOT Pembina OSN SMP 2023

“Jangan sampai jadi komunitas yang penting ngopi bareng, ini kan eman. Karena memelihara budaya itu penting, jadi nawaitunya (niatnya) harus sama” harapnya.

Mantan Kepala Satpol PP Pamekasan ini juga berharap komunitas yang ada di daerahnya dapat memberikan edukasi kepada generasi muda yang minim pengetahuan tentang sejarah, situs Madura, perubahan nama daerah di Pamekasan, dan kebudayaan Madura lain dengan cara bersinergi dengan pemerintah daerah.

Pemkab Pamekasan telah menfasilitas komunitas yang ada dengan memberikan dana hibah, serta panggung pertunjukan bagi komunitas yang ingin mengeksplor kebudayaan Madura kepada masyarakat.

BACA JUGA :
Kris Tjantra Resmi Jadi Plt. Ketum Ganjarist Gantikan Eko Kuntadhi

“Terima kasih saya sampaikan kepada para komunitas yang telah berkontribusi menjaga dan melestarikan budaya Madura dengan baik. Memang hibahnya tidak seberapa, tapi jangan dilihat itu, melainkan kepedulian pemerintah”pungkasnya.(WF)

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.