Scroll untuk baca artikel
Berita

Gelar Rakor Evaluasi Pemilu 2024, Forkopimda Kota Probolinggo Berharap Situasi Tetap Kondusif Hingga Pilkada

×

Gelar Rakor Evaluasi Pemilu 2024, Forkopimda Kota Probolinggo Berharap Situasi Tetap Kondusif Hingga Pilkada

Sebarkan artikel ini
Forkopimda Kota Probolinggo
Foto : ist.

Kota Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Setelah proses Pemilu Serentak dilaksanakan 14 Februari lalu, Forkopimda Kota Probolinggo menggelar Rakor Evaluasi Pemilu 2024 di Lava Hill Sukapura, Rabu siang (21/2). 

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota, Nurkholis mengatakan rangkaian proses pemilu serentak sudah dilalui dengan tertib, lancar dan kondusif. “Hari ini kita lakukan rakor evaluasi Pemilu 2024 sebagai bahan persiapan pilkada mendatang,” ucap Nurkholis saat mengawali Rakor.

Ia juga mengapresiasi berbagai upaya forkopimda mendukung suksesnya pemilu di kota ini. “Informasi perkembangan situasi dan kondisi selalu update dari Kapolres serta Dandim. Dalam kondisi formal maupun non formal, kita terus berkomunikasi  memantau tahapan pergeseran dan penghitungan surat suara di PPK. Terima kasih untuk kekompakannya selama ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :
Bupati Kuansing Ikuti Coffee Morning Polda Riau, Siap Sukseskan Pemilu 2024

Pria yang hobi tenis lapangan ini meminta kepala perangkat daerah yang tergabung sebagai tim desk pemilu agar mencermati hasil evaluasi tersebut. “Berbagai masukan dari Kapolres, Dandim maupun Kajari bisa menjadi referensi agar pelaksanaan pilkada serentak lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolres AKBP Wadi Sa’bani meminta agar situasi yang aman dan kondusif saat ini tetap terjaga. “Meski sempat menghangat situasinya, namun sejauh ini bisa teratasi. Ke depan perlu diberikan pemahaman  kepada petugas KPPS, Panwascam, Bawas TPS tentang SOP- nya. Dengan begitu jika terjadi sesuatu diluar dugaan, tindakan yang diambil jelas dan terarah,” pesannya.

BACA JUGA :
Antusias masyarakat Desa Sukamanah Cianjur mengikuti Tablig Akbar

Hal serupa juga dikatakan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto. “Sejauh ini prosesnya berjalan sesuai harapan, situasi juga aman terkendali. Tidak ada laporan yang signifikan selama pelaksanaan pemilu. Semoga tetap demikian, hingga pesta demokrasi ini tuntas termasuk saat pilkada November mendatang,” ungkapnya.

Berikutnya, Kajari Abdul Mubin menceritakan jika di kantornya tersedia posko gakkumdu yang unsurnya terdiri dari kejaksaan, panwaslu dan kepolisian. Posko ini khusus menangani pengaduan pelanggaran pemilu.  

“Alhamdulillah sampai detik ini belum ada satupun pengaduan/laporan pelanggaran. Kalaupun ada indikator pelanggaran pemilu, maka tugas kita tetap mengawalnya. Termasuk apabila ada perselisihan atau gugatan, jika KPU memberikan surat  kuasa khusus sebagai pengacara negara, kami sudah siap itu. Karena merupakan bagian dari kewenangan kejaksaan,”tegasnya.

BACA JUGA :
Wujudkan Destinasi Sport Tourism, Pj Wali Kota Probolinggo Tata Kembali Pantai Permata

Secara umum semua berharap kondisi di Kota Probolinggo tetap terjaga, sehingga aktifitas masyarakat tetap berjalan dengan nyaman. Rakor evaluasi pemilu tersebut dihadiri oleh Sekda Ninik Ira Wibawati, para asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah, camat se kota. (*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.