Scroll untuk baca artikel
Berita

Pj Bupati Probolinggo Lantik 14 Pejabat Eselon III

×

Pj Bupati Probolinggo Lantik 14 Pejabat Eselon III

Sebarkan artikel ini
Probolinggo
Foto : Pemkab Probolinggo.

Probolinggo, BULETIN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 14 orang Pejabat Administrator (Eselon III) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Kamis (29/2/2024) pagi.

Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan yang dilaksanakan di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto serta segenap pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Hadir pula Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto beserta segenap pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo. Serta pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo.

Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan secara simbolis mewakili agama Islam oleh Nur Hidayatullah selaku Sekretaris Kecamatan Krejengan dan mewakili agama Kristen oleh Priyo Siswoyo selaku Sekretaris Satpol PP Kabupaten Probolinggo didampingi saksi Asisten Administrasi Umum Tutug Edi Utomo dan Kepala BPPKAD (Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani.

BACA JUGA :
GPP Wilayah IV Raker Di Industri Gula Glenmore

Sementara penandatanganan pakta integritas secara simbolis dilakukan oleh Adhy Catur Indra Bawono selaku Kabag Hukum serta dilakukan penyematan tanda jabatan Camat kepada Sudarmono selaku Camat Pajarakan.

Selain itu ada 10 pejabat eselon III lain diantaranya Aries Purwanto sebagai Sekretaris BPPKAD, Happy Wanodya Ningtyas Rahayu sebagai Kepala Bidang Akuntansi BPPKAD, Yunita Nur Laili sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Eksi Wulandari sebagai Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dr Dewi Vironica sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) dan dr Nina Kartika sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes.

Selanjutnya, Purnomo Sucahyo sebagai Kepala Bagian Hukum Sekretariat DPRD, Wiwik Yuliati sebagai Kepala Bagian Umum Unit Organisasi Bersifat Khusus RSUD Waluyo Jati, Roy Iskandar sebagai Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah dan Yulistina Widyarningrum sebagai Sekretaris BPBD.

BACA JUGA :
Tahun 2024, BPPKAD Probolinggo Cetak 449.548 Lembar SPPT PBB P2

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan kegiatan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, pelantikan ini dapat dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, mutasi ini bertujuan sebagai penyegaran organisasi, promosi sebagai reward atas prestasi yang sudah dilakukan dan dalam rangka pembinaan pegawai. “Oleh karena itu, sejak saya menjadi Pj Bupati, saya lebih memperhatikan usulan dari Kepala OPD. Hal ini dilakukan sebagai upaya dari jargon BUS PATAS sehingga harapannya ada sinergi antar kabid, antar JF dan antar staf bagaimana dia menampilkan loyalitas kepada pimpinan. Karena sebuah organisasi tidak bisa berjalan dengan lancar apabila ada kerikil. Jika ada loyalitas maka hasilnya akan lebih berkualitas,” jelasnya.

BACA JUGA :
Pj Bupati Probolinggo Serahkan Bantuan Sembako dan Santunan Anak Yatim

Pj Bupati Ugas menerangkan pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan.

“Kepada pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya saya berharap senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab, mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi serta mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.