Scroll untuk baca artikel
Berita

Pj Bupati Probolinggo Serahkan LKPD Unaudited TA 2023 Ke BPK RI Perwakilan Jatim

×

Pj Bupati Probolinggo Serahkan LKPD Unaudited TA 2023 Ke BPK RI Perwakilan Jatim

Sebarkan artikel ini
Probolinggo
Foto : ist.

Probolinggo , BULETIN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos, M.si, SE menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Selasa (5/3/2024).

Penyerahan laporan keuangan di ruang pertemuan Kantor BPK RI Perwakilan Jatim tersebut dilaksanakan secara serentak bersama 38 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Jawa Timur yang juga menyerahkan LKPD Unaudited kepada BPK Perwakilan Provinsi Jatim.

LKPD tersebut wajib disampaikan oleh Kepala Daerah ke BPK paling lambat tiga bulan setelah Tahun Anggaran berakhir sebagaimana amanat dari UU Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara. Sebelum menyerahkan Laporan Keuangan, masing-masing Kabupaten/Kota terlebih dahulu menandatangani Berita Acara penyerahan LKPD.

BACA JUGA :
Untuk Pedagang Kolpajung Nakal Tidak Ingin Direlokasi, Disperindag Sedang Atur Strategi

Kepala BPK Perwakilan Jatim Karyadi, CFrA, CSFA dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang telah menyampaikan LKPD tepat waktu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Karyadi menjelaskan, selanjutnya LKPD Unaudited yang telah diserahkan kepada BPK ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan melalui kegiatan audit terinci yang akan dilakukan oleh tim audit BPK pada masing-masing daerah.

“Hal tersebut tentunya menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah untuk melaksanakan tugas pada pengelolaan keuangan daerah agar semakin baik sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

BACA JUGA :
Warga Jalmak Pamekasan Tewas Tersengat Arus Listrik di Toko Miliknya Sendiri

Selepas menghadiri kegiatan tersebut, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengemukakan pihaknya telah maksimal baik dalam penyusunan dan mereview LKPD Unaudited bersama tim Inspektorat sehingga laporan keuangan tersebut transparan, akuntabel mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya Pj Bupati Ugas berharap kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Jatim dalam audit terperinci, khususnya dalam mengoreksi dan melakukan pembinaan terhadap Laporan Keuangan Kabupaten Probolinggo.

“Manakala nantinya ditemukan kekurangan, masih ada waktu untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK tersebut guna dilakukan perbaikan-perbaikan, agar nantinya Pemkab Probolinggo kembali meraih dan mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas pemeriksaan LKPD Tahun 2023 tersebut,” terangnya.

BACA JUGA :
Wali Kota Probolinggo Berbagi Pengetahuan Membangun Kota Inklusi

Ikut mendampingi Pj Bupati Ugas dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Plt Inspektur Kabupaten Probolinggo Santiyono, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kristiana Ruliani dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.(*)

Pewarta : Sudarsono.

**) IIkuti berita terbaru BULETIN.CO.ID di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.